Baru 10 Kota, Ridwan Kamil Dorong Daerah Percepat Ekonomi Digital

Arif Budianto, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 278 2391958 baru-10-kota-ridwan-kamil-dorong-daerah-percepat-ekonomi-digital-3QlbvfxSFl.jpg Ridwan Kamil (Dokumentasi Jabar)

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong kabupaten dan kota mempercepat terlaksananya keuangan digital, agar ekosistem ekonomi digital tercapai. Ekonomi digital penting sebagai langkah transparansi dan recovery ekonomi.

Menurut Ridwan Kamil, pihaknya mendorong agar seluruh kabupaten dan kota segara bergabung dalam wadah Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD). Karena, saat ini tercatat baru 10 daftar yang berkomitmen pada gerakan ini.

 Baca juga: Menkop: QRIS Bisa Tingkatkan Ekonomi Digital RI

Ke-10 kabupaten kota itu adalah Pemprov Jabar, Kota Bandung, Kabupatan Garut, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kota Banjar, Kota Sukabumi, Kabupaten Ciamis, Kota Bogor, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Majalengka.

"Sekarang baru 10, tapi target saya saya dalam tiga bulan kedepan bisa 27 kabupaten dan kota. Tinggal masalah waktu saja," kata Ridwan Kamil pada acara peluncuran Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) yang dipusatkan di Garut, Jumat (9/4/2021).

Menurut dia, keterlibatan kabupaten dan kota pada TP2DD penting sebagai langkah mempercepat terbentuknya ekosistem digital di seluruh Jawa Barat. Dengan ekonomi digital secara luas, maka akan tercapai secara signifikan dampak bagi ekonomi.

 Baca juga: Covid-19 Percepat Transformasi Digital, Begini Penjelasannya

"Tapi tahun ini kita akan fokus dorong UMKM dulu untuk mengakses keuangan digital, agar bangkit. Karena dia yang paling terdampak. Saya sudah perintahkan Diskominfo agar jaringannya tersedia," kata Ridwan Kamil.

Kepala Kantor Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto mengatakan, digitalisasi pembayaran merupakan salah satu entry point penting dalam mendorong ekosistem digital menjadi semakin luas dan terintegrasi. Sementara, pembentukan TP2DD diharapkan dapat segera diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota se-Jawa Barat lainnya.

"Dari TP2DD diharapkan lahir berbagai kebijakan terintegrasi namun sesuai dengan karakteristik masing-masing daerah. Ini akan mendorong berbagai inisiatif dan inovasi dalam rangka mempercepat dan memperluas terbentuknya ekosistem digital

Sementara itu, pada launching FEKDI ini, didukung perbankan di Jawa Barat. Hadir Ridwan Kamil bersama Kepala Perwakilan BI Jawa Barat Herawanto, Anggota Komisi XI DPR-RI Siti Mufattahah, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Bupati Garut, Rudy Gunawan, Kepala OJK Jawa Barat, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat, dan jajaran Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini