Kesulitan Dapat Suplai Gas, PGN Surati Menperin

Ferdi Rantung, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 320 2392117 kesulitan-dapat-suplai-gas-pgn-surati-menperin-odueyVWBFf.jpg agus Gumiwang (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa serapan gas bumi dari kalangan industri masih belum maksimal. Padahal, harga gas bumi untuk industri sudah mengalami penurunan, yaitu sebesar 6 dolar AS per MMBTU.

Menanggapi hal itu, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita salah satunya penyebabnya rendahnya serapan gas adalah tersendatnya suplai dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS).

 Baca juga: SKK Migas dan KKKS Berhasil Rumuskan Strategi Tambahan Produksi Minyak

Dia mengungkapkan bahwa dirinya disurati oleh terkait suplai gas untuk disalurkan ke industri. Dalam surat itu menyatakan bahwa PGN mengalami kesulitan untuk mendapatkan suplai gas ke Jawa Timur.

"Saya dapat surat dari PGN bahwa PGN mengalami kesulitan untuk mendapatkan suplai gas karena terhambatnya suplai gas dari supplier-supplier-nya mereka khususnya di Jawa Timur," katanya dalam konferensi pers, Jumat (9/4/2021).

 Baca juga: SKK Buka-bukaan soal TKDN di BUMN Hulu Migas

Agus menambahkan, selain masalah suplai, tentu penyebab rendahnya penyerapan gas industri dikarena pandemi. Sementara untuk daerah lain, secara umum program harga gas murah untuk industri sudah berjalan dengan baik.

"Nah Jawa Timur ada yang mengatakan karena industrinya tidak bisa menyerap, tapi faktanya saya mendapat surat dari PGN yang menyatakan bahwa mereka kesulitan mensuplai karena mereka sendiri kesulitan mendapat suplai dari supplier-supplier-nya mereka," jelasnya.

Meski begitu, Agus menegaskan, jika ada perusahaan yang tidak optimal memanfaatkan harga gas USD6 per MMBTU maka pihaknya akan melakukan evaluasi..

"Ini salah satu bagian dari evaluasi kita dari produk kita, sudah dibantu harga gas USD6 tapi kok kinerjanya tidak naik,"tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini