Ada Kementerian Baru, Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet?

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 10 April 2021 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 320 2392566 ada-kementerian-baru-jokowi-bakal-reshuffle-kabinet-D2QsNF5U8u.jpg Reshuffle (Shutterstock)

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyepakati pembentukan dua kementerian baru yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kesepakatan dibacakan dalam sidang Paripurna DPR hari ini.

Adapun pembentukan dua kementerian baru tersebut di antaranya Kementerian Investasi dan Penciptaan Lapangan Kerja. Serta yang kedua adalah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek.

Baca juga: Susi Pudjiastuti Ucapkan Selamat ke Menteri KP, Teriak Netizen Langsung 'Pecah'

Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio mengatakan, pembentukan dua Kementerian baru ini bisa menjadi jalan untuk Presiden Joko Widodo untuk kembali merombak kabinetnya. Apalagi isu reshuffle kabinet ini semakin menggema.

“Bisa saja (jadi alasan Reshuffle). Kan memang Juni mau ada reshuffle katanya. Ya bisa saja,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Sabtu (10/4/2021).

 Baca juga: Mendag Lutfi: Produk RI Punya Kesempatan Berkompetisi di Dunia

Berdasarkan isu yang beredar, Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet setelah lebaran mendatang. Menurut Agus, hal itu merupakan sesuatu yang wajar karena keputusan perombakan kabinet sendiri merupakan hak dari Presiden Joko Widodo.

“Setelah lebaran katanya akan ada reshuffle ya silahkan saja,” ucapnya.

Agus menambahkan, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro sendiri dikabarkan sudah mengajukan surat pengunduran diri sejak tiga minggu lalu. Dan hal tersebut juga sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo.

“Dan pak Bambang Brodjonegoro kan sudah mengajukan pengunduran diri tiga Minggu yang lalu dan sudah disetujui Presiden jadi ya sudah,” jelasnya.

Hanya saja, apakah Bambang Brodjonegoro akan kembali masuk kabinet atau tidak, Agus tidak mengetahuinya. Menurutnya, pemilihan Menteri dan Kepala Lembaga di kabinet merupakan keputusan Presiden Joko Widodo.

“Enggak tahu (Bambang Brodjoneogoro masuk kabinet lagi atau tidak) itu tanya Presiden (Jokowi). (Bambang Brodjonegoro) sudah mengundurkan diri dan sudah disetujui Presiden,” kata Agus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini