Pengusaha Tak Pede Mal Akan Diserbu saat Ramadhan, Kenapa?

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 12 April 2021 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 320 2393109 pengusaha-tak-pede-mal-akan-diserbu-saat-ramadhan-kenapa-pU5KAeTXpv.jpg Geliat Mal di Tengah Puasa hingga Lebaran. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Umat muslim di Indonesia akan melaksanakan ibadah Puasa. Salah satu kebiasaan saat bulan suci adalah mengadakan kegiatan buka bersama di mal atau pusat perbelanjaan.

Lalu, apakah para pengusaha mal melihat datangnya bulan Ramadhan sebagai berkah dengan kembali ramainya mal?

Baca Juga: BPS Sebut Masyarakat Mulai Keluyuran, Paling Banyak ke Mal

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menilai geliat aktivitas perekonomian di mal belum kembali normal meskipun Ramadhan atau jelang Idul Fitri nanti tiba.

"Tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan baru akan mulai bergerak menuju normal setelah vaksinasi untuk masyarakat umum dilaksanakan," kata Alphonz kepada Okezone, Senin (12/4/2021).

Baca Juga: Bukan Kejutan Centro Bintaro XChange Mau Tutup

Menurut dia, bila masyarakat umum belum menerima vaksinasi Covid-19, maka jangan berharap usaha di dalam mal akan kembali bergeliat.

"Jadi kunci dalam hal peningkatan kunjungan ke pusat perbelanjaan adalah vaksinasi untuk masyarakat umum," ujarnya.

Dia menjelaskan, alasan tingkat kunjungan ke mal masih belum normal ketika masyarakat umum belum terima vaksinasi. Kata dia, saat masih banyak yang belum divaksin, maka segala pengetatan terkait protokol kesehatan masih akan diberlakukan.

"Kalau vaksinasi untuk masyarakat umum belum dilaksanakan maka hampir dapat dipastikan tidak dapat diberlakukan pelonggaran - pelonggaran," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini