Eksklusif: Penamaan Tol Layang MBZ sebagai Penghargaan RI kepada UEA

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 320 2393968 penamaan-tol-layang-mbz-sebagai-penghargaan-ri-kepada-uea-mBaZMaAECS.jpg Tol Layang MBZ. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek resmi berganti nama menjadi Tol Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ). Pemberian nama ini dinilai sebagai bentuk penghargaan kepada MBZ

"Jalan MBZ di Jakarta merupakan salah satu bentuk penghargaan Indonesia kepada peran MBZ dalam terus mendekatkan hubungan antara kedua negara," ujar Duta Besar RI untuk Persatuan Emirat Arab Husin Bagis kepada Okezone,  Selasa (13/4/2021).

Baca Juga: Ada Tol Layang MBZ, Begini Kisah Kedekatan Jokowi dengan Mohamed Bin Zayed

Selain itu, Pemerintah UEA juga telah memberikan suatu penghargaan kepada Indonesia melalui penamaan Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

"Dan juga akan dibangun Masjid Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi," ujarnya.

Baca Juga: Maunya Untung, Investor Asing Lebih Minat Beli Tol yang Sudah Beroperasi

Sebagai bentuk kerjasama dua negara, MBZ yang pada Juli 2019 melakukan ke Indonesia berencana membangun Masjid dan Islamic Center di Solo.

"Ini sebagai hadiah kepada Pemerintah Indonesia yang disampaikan MBZ pada saat kunjungannya ke Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, pembangunan Masjid Raya di Solo dinamakan Masjid Raya Sheikh Zayed mengisyaratkan dua hal, pertama terkait penamaan, sebagai bentuk penghormatan kepada Sheikh Zayed yang merupakan ayah dari MBZ (tokoh pendiri / Bapak Bangsa dan Presiden Pertama PEA).

"Kemudian yang kedua adalah masjid tersebut dibangun sebagai replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque yang berada di Abu Dhabi," ujarnya. (fbn)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini