KBS Perkuat Hub Logistik Nasional Gateway Connectivity Ujung Barat Pulau Jawa dan Pulau Sumatera

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 320 2395072 kbs-perkuat-hub-logistik-nasional-gateway-connectivity-ujung-barat-pulau-jawa-dan-pulau-sumatera-rpBP09Sdgx.jpg Ekspor-Impor Perdagangan di Pelabuhan (Foto: Dokumentasi KBS)

JAKARTA - Gerbang global supply chain semakin terbuka, PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) optimis bisa menghadirkan Integrated Maritime Industrial Ports. Dengan lokasi PT KBS yang strategis hal ini harus dioptimalkan untuk memperkuat pelayanan Pelabuhan Cigading.

Direktur Utama PT KBS, Akbar Djohan mengatakan ia menyambangi Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), Basilio Dias Araujo untuk berdiskusi dan mengenalkan PT KBS.

Baca Juga: Ada Ekosistem Logistik Batam, Menko Luhut Ingin Tarik Investasi dari Singapura

“Banyak hal yang kita bahas, terutama memperkenalkan Pelabuhan Cigading yang merupakan Pelabuhan umum curah kering terbesar di Indonesia dengan draft terdalam dengan minus 21 meter dan 17 dermaga dengan Panjang 3,5 km,” ujar Akbar saat dihubungi di Jakarta (15/4/2021).

Akbar juga mengatakan dengan pertemuan ini PT KBS berharap dapat berkolaborasi dengan Kemenkomarves untuk memperkuat logistik nasional dengan pelayanan terintegrasi sekaligus memberikan competitive advantage sehingga memberikan dampak ekonomi nasional yg lebih masif dan berkelanjutan dengan masuk ke jaringan global supply chain baik regional bahkan international.

Baca Juga: Gegara Truk Obesitas, Negara Rugi Rp43 Triliun

“Kolaborasi ini di harapkan bisa membentuk ekosistem logistik terbaik, yang akan membuat Indonesia lebih mudah termasuk izin untuk membuat negara lebih kompetitif dengan layanan yang efisien dan platform manajemen logistik terintegrasi,” kata Akbar.

PT KBS sudah memiliki teknologi bongkar muat dan sistem informasi baru yang terjangkau dan adaptif dengan pelayanan front-end di integrasi oleh sistem informasi (SAP 4 HANA & POCIS – Port of Cigading Information System) dan terus mentransformasi ekosistem logistik negara secara efisien sehingga mampu bersaing secara global.

“Pak Basilio mengatakan sangat terbuka untuk bisa berkolaborasi agar bisa memajukan logistik Nasional. Karena memang perlu adanya kolaborasi dan sinergi dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan swasta terkait untuk menciptakan ekosistem logistik yang lebih baik,” ungkap Akbar.

Terakhir Akbar mengatakan PT KBS bisa menjadi hub logistik Nasional Gateway Connectivity ujung Barat Pulau Jawa dan Pulau Sumatera karena pelabuhan Cigading berada dilokasi strategis golden area of sunda strait di perairan ALKI 1.



1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini