Harga Pertalite Turun Lagi di 12 SPBU, Ini Daftarnya

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 320 2398374 harga-pertalite-turun-lagi-di-12-spbu-ini-daftarnya-bP3U76rfJg.jpg Harga Pertalite (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menambah jumlah SPBU penyalur BBM jenis Pertalite dengan harga khusus di Medan. Dengan penambahan itu, Pertalite yang hanya seharga Premium itu, dapat dinikmati lebih luas oleh masyarakat. Dengan demikian, harga Pertalite turun dari harga biasanya.

Humas Pertamina MOR I-Sumbagut, Nurhadiyanto, mengatakan saat ini sudah ada 12 SPBU di Medan yang melayani penjualan Pertalite seharga Premium. Jumlah itu bertambah sangat signifikan dibandingkan saat pertama kali diluncurkan pada 21 Maret 2021 lalu yang hanya 2 SPBU. Yakni di SPBU 14201184 Jalan T. Amir Hamzah dan SPBU 14201145 Jalan Karya.

"Iya saat ini sudah ada 12 SPBU. Kita terus memperluas program ini agar masyarakat secara lebih luas dapat menikmati BBM yang berkualitas baik dan lebih ramah lingkungan," kata Nurhadiyango kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga: Harga BBM Naik, Pengusaha SPBU: Kita Ikut Keputusan Pemerintah 

Pertamina, kata Nurhadiyanto, masih akan menambah SBBU penyalur Pertalite seharga Premium ini hingga 15 SPBU di seluruh Sumatera Utara. Program yang menjadi bagian dari kampanye 'Langit Biru' PT Pertamina itu rencananya akan berlangsung hingga enam bulan hingga 20 September 2021.

"Iya, target kita sampai 15 SPBU di seluruh Sumut. Terbanyak di Medan," tukasnya.

Sementara itu, Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina Regional Sumbagut Taufikurachman, sebelumnya menegaskan bahwa program Pertalite seharga Premium ini bukan dalam rangka menghilangkan Premium dari pasaran. Pertamina tetap akan menyalurkan Premium sesuai dengan penugasan yang diberikan oleh Pemerintah.

"(Premium) tetap kita salurkan sesuai penugasan pemerintah," tegasnya.

Taufik menjelaskan, melalui Program Langit Biru (PLB), Pertamina mengajak masyarakat Medan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) berkualitas dan ramah lingkungan. Penggunaan BBM oktan yang lebih tinggi sangat penting guna menciptakan udara yang lebih bersih.

“PLB merupakan program pengurangan polusi, program ini juga mengedukasi masyarakat untuk menggunakan BBM berkualitas yang memiliki kadar oktan tinggi sehingga lebih ramah lingkungan. BBM berkualitas yakni Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo,” jelasnya.

Melalui program tersebut, harga Pertalite setara dengan harga Premium yakni Rp6.450 per liter. Sasarannya diperuntukan khusus untuk konsumen kendaraan bermotor roda dua atau roda tiga, angkutan umum kota (angkot), dan taksi pelat kuning yang dilakukan secara bertahap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini