BLT UMKM Diyakini Bisa Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2021

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 320 2399120 blt-umkm-diyakini-bisa-tingkatkan-pertumbuhan-ekonomi-kuartal-i-2021-sZyDV7jp50.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Ilustrasi Freepik)

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM menyebut, dengan adanya program bantuan pemerintah mayoritas UMKM optimis dapat bertahan lebih dari 12 bulan serta cukup optimis bahwa omset usaha dapat kembali normal dalam kurun waktu kurang dari satu tahun.

Pernyataan tersebut berdasarkan hasil survei Tim Nasional Percepatan Penanganan Kemiskinan (TNP2K) Sekretariat Wakil Presiden RI dan Kementerian Koperasi dan UKM, kepada 1.261 responden.

"Berdasarkan capaian atas program BLT UMKM tahun 2020 maka pemerintah pada tahun 2021 melaksanakan kembali program tersebut dengan memberikan kembali BPUM kepada pelaku usaha mikro penerima tahun 2020 dan berharap mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di kuartal ke-1," kata Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya.

Dia menjelaskan, hasil berbagai survei menunjukkan bahwa bantuan modal kerja ini sangat dibutuhkan bagi usaha mikro guna menjaga aktivitas usahanya agar dapat bertahan dan membuka usahanya kembali bagi yang sudah tutup dan mencegah mereka tidak jatuh ke dalam kategori masyarakat pra sejahtera atau miskin serta menimbulkan risiko sosial di kemudian hari.

"Hal ini dikarenakan dana yang diperoleh dari program bantuan pemerintah di pergunakan untuk pembelian bahan baku (34%), pembelian barang modal (33%) serta 58% membutuhkan tambahan modal mempercepat pemulihan usahanya," ujarnya.

Baca selengkapnya: BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair, Pelaku Usaha Bisa Bertahan Lebih dari 1 Tahun  

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini