Pandemi Covid-19 Belum Selesai, Kemenkeu: Lihat Brasil dan India!

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 320 2402740 pandemi-covid-19-belum-selesai-kemenkeu-lihat-brasil-dan-india-pMycA5KxF9.jpg Kasus Virus Corona di Indonesia Mulai Terkendali. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut penanganan dan penyelesaian pandemi Covid-19 masih jauh dari kata selesai. Walaupun sudah berhasil mempertahankan kasus aktif dan kematian harian yang rendah dalam dua bulan terakhir.

"Jadi sekarang ini kita hadapi tantangan yang berat dalam sejarah, di mana pandemi ini masih jauh dari kata selesai. Kita lihat di India, Brasil menyaksikan gelombang ketiga dan ini belum selesai sehingga kita masih hadapi tantangan besar," ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu dalam webinar LIPI secara virtual, Kamis (29/4/2021).

Baca Juga: ADB Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 4,5% di 2021

Menurut dia, pemerintah dan semua komponen bangsa harus tetap fokus dalam menerapkan protokol kesehatan dan tidak lengah meski pelaksanaan vaksinasi nasional termasuk yang agresif di dunia.

Kemudian, lanjut dia, Indonesia saat ini berhasil menjaga kasus aktif dan kematian di level yang rendah dalam beberapa bulan belakangan. Tercatat capaian itu bukan pekerjaan yang mudah sehingga dibutuhkan kerja sama untuk seluruh komponen baik pemerintah hingga masyarakat.

Baca Juga: Jumlah Kasus Covid-19 Menurun, Sri Mulyani Semakin Optimis

"Kita bisa lihat kasus kematian harian juga rendah, kasus aktif terus rendah, ini yang harus kita jaga. Dan bagaimana di tengah ancaman global kita bisa menurunkan kasus ini," ungkap dia.

Dia juga menambahkan bahwa pemerintah saat ini mendorong percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada sekitar 180 juta masyarakat nasional.

"Maka itu percepatan ini diharapkan bisa membuat Indonesia mencapai herd immunity pada kuartal I-2022," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini