Platform Pembelajaran Online Ini Catat Peningkatan 7 Kali Lipat Jumlah Siswa

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 320 2403363 platform-pembelajaran-online-ini-catat-peningkatan-7-kali-lipat-jumlah-siswa-1W2HxOPVtR.png Pembelajaran Onlin Cakap. (Foto: Okezone.com/Yahoo Finance)

JAKARTA - Platform pembelajaran online dua arah, Cakap, mencatatkan peningkatan jumlah pengguna yang sangat signifikan pada kuartal I-2021. Pada kuartal I tahun ini jumlah pengguna aktif Cakap meningkat lebih dari tujuh kali lipat dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

“Melihat pesatnya peningkatan jumlah pengguna aktif Cakap, kami sangat bersyukur karena membawa Cakap sebagai solusi pembelajaran terdepan yang dibutuhkan, terutama sejak adanya pembatasan sosial pada saat pandemi,” ujar Co-founder dan CEO of Cakap, Tomy Yunus, dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (30/4/2021).

Tomy menambahkan, jumlah pengguna berbayar yang berlipat ganda dari awal pandemi hingga sekarang, telah mencatatkan pertumbuhan bisnis yang luar biasa bagi Cakap.

Baca Juga: Menaker Ajak Pekerja Wanita Tak Takut Hadapi Era Digital

“Berdasarkan laporan keuangan terakhir Cakap, kami berhasil membukukan laba bersih selama dua kuartal berturut-turut, hal ini seiring dengan meningkatnya permintaan akan jumlah kursus pelatihan,” ujarnya.

Dirinya pun meyakini bahwa pertumbuhan ini karena masyarakat telah memandang Cakap sebagai jawaban atas tuntutan layanan pendidikan akses jarak jauh yang mampu memberikan metode pendidikan yang efektif dan berkualitas bagi siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan keunggulan platformnya, di mana rating kepuasan pengguna perangkat Android dan iOS menunjukkan skor 4,9 dari 5,0.

Baca Juga: Wow! Airlangga: Pandemi, Kontribusi Ekonomi Digital bagi PDB RI Tembus US$44 Miliar

"Sejak diluncurkan pada 2019, pengguna Cakap telah menjangkau lebih dari satu juta pelajar," ujarnya.

Cakap menawarkan pelatihan bahasa asing untuk bahasa Jepang, Mandarin, Inggris dan Indonesia. Antusiasme masyarakat Indonesia yang besar terhadap sistem pembelajaran online membuat tim Cakap terus menawarkan metode pembelajaran terbaik melalui inovasi kreatif.

Selain materi pembelajaran yang dirancang khusus, Cakap juga telah mengembangkan peningkatan teknologi berupa Augmented Reality (AR) yang menampilkan konten tiga dimensi dengan interaksi audio visual yang dapat dinikmati secara real time selama pembelajaran berlangsung.

Teknologi AR dapat dinikmati oleh siswa Cakap melalui aplikasi Cakap yang ditampilkan oleh tutor Cakap dan diharapkan dapat menggugah semangat siswa untuk tetap aktif dalam kemajuan pembelajaran. Sedangkan teknologi ini baru bisa digunakan di kelas 'Cakap Mandarin for Kids' yang diluncurkan Cakap sejak Januari lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini