Stabilkan Harga Daging Sesuai Arahan Pemerintah, Ini Langkah BUMN

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 320 2416701 stabilkan-harga-daging-sesuai-arahan-pemerintah-ini-langkah-bumn-wf8FQ2V40c.jpg Harga Daging (Foto: Okezone)

JAKARTA - Harga daging sapi di pasaran masih mahal, di kisaran Rp130.000 per kilogram (kg) hingga Rp150.000 per kg usai Lebaran.

Padahal, pemerintah dan BUMN sudah melakukan impor daging sapi beku boneless asal Brasil sebanyak 420 ton secara bertahap ke Tanah Air. Kedatangan pertama daging sapi beku boneless sebanyak 140 ton tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu 1 Mei 2021.

Untuk menjaga harga dan suplai daging sapi, PT Berdikari (Persero) bekerjasama dengan Rumah Potong Hewan (RPH) di Balaraja, Tangerang. Kerjasama berupa KSO (Kerjasama Operasional).

Baca Juga: Besok Lebaran, Harga Daging Sapi Makin Mahal Tembus Rp150 Ribu/Kg 

Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara mengatakan, fasilitas feedlot hingga 700 ekor sapi, serta kapasitas potong lebih dari 10 ekor sapi per-harinya, RPH ini dapat mencukupi kebutuhan daging segar di daerah Jabodetabek khususnya pasar-pasar sekitar RPH, RPH Balaraja telah menyuplai secara rutin daging segar pasar di wilayah Cikupa, Cisoka, Cikande, Cengkareng, Pandeglang, hingga pasar Tanah Abang.

“Selain mengoptimalkan fasilitas feedlot dan kapasitas potong dari RPH Balaraja, Berdikari melalui anak usaha Berdikari Logistik Indonesia (BLI) dapat menyiapkan fasilitas cold storage untuk mendistribusikan daging impor sapi Brazil kepada masyarakat sekitar,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Menurutnya, suplai daging sapi melalui RPH akan membantu pemerintah untuk menjaga stabilitas harga sesuai dengan harga yang telah ditetapkan, juga memberikan pilihan akses kepada masyarakat akan kebutuhan daging segar maupun daging beku. Adapun kerja sama ini merupakan komitmen Berdikari sebagai BUMN pangan dalam kontribusinya sebagai buffer stock pangan khususnya daging sapi bagi masyarakat.

“Sebagaimana komitmen Berdikari sebagai anggota dari BUMN klaster pangan untuk mendukung pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional,” ucapnya.

Sementara Pemilik RPH Balaraja Kartiko Abi Seno menambahkan kerja sama ini membantu dalam meningkatkan suplai daging sapi kepada masyarakat khususnya area barat Balaraja yang merupakan saluran distribusi.

“Dari hasil potong RPH kami dan pemanfaatan fasilitas feedlot serta mengoptimal kapasitas potong dari RPH dapat membantu menjaga stabilitas harga karena suplainya tercukupi,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini