Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Jadi Kena Biaya Hari Ini?

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Selasa 01 Juni 2021 07:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 320 2418304 cek-saldo-dan-tarik-tunai-di-atm-link-jadi-kena-biaya-hari-ini-iIUEsvAlsc.jpg ATM Link (Foto: Okezone)

JAKARTA - Penerapan biaya cek saldo dan tarik tunai yang dilakukan Bank Himbara di ATM Link hingga saat ini belum ada pengumuman resmi. Terlebih lagi, santer beredar kabar kebijakan biaya biaya cek saldo dan tarik tunai di ATM Link ditunda.

Sebelumnya, kebijakan biaya cek saldo dan tarik tunai di ATM Link akan dimulai hari ini. Jika hal tersebut tidak diundur, maka cek saldo dan tarik tunai di ATM Link dikenakan biaya.

Jadi setiap nasabah yang mau cek saldo harus bersiap dikenakan potongan biaya Rp2.500 sementara untuk tarik tunai dikenakan biaya Rp5.000. Sementara transaksi transfer antarbank tidak dilakukan perubahan biaya atau masih tetap sebesar Rp4.000.

Baca Juga: Biaya Cek Saldo-Tarik Tunai di ATM Link Kemungkinan Diundur, Ini Alasannya 

Sebelumnya, rencana pengenaan tarif tersebut masih dalam pembahasan lebih lanjut antara Kementerian BUMN, Himbara, dan OJK.

Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Rizal E Halim mengaku BPKN dan KPPU pada pekan lalu sudah mengundang Himbara dan PT Jalin Pembayaran Nusantara untuk berdiskusi.

"Saran BPKN dan KPPU untuk menunda pemberlakuan tarif sambil berkoordinasi untuk langkah-langkah selanjutnya. Ini termasuk kaitannya dengan sosialisasi publik dan menghindari pelanggaran ketentuan yang ada baik dari sisi perlindungan konsumen maupun persaingan usaha," ujar Rizal saat dihubungi Okezone.

Corporate Secretary PT Bank BRI (Persero) Tbk Aestika Oryza Gunarto mengatakan, jika terdapat perubahan jadwal, maka manajemen akan menyampaikan secara resmi melalui platform digital yang dimiliki masing-masing bank.

"Terkait dengan hal tersebut dapat menunggu keterangan resmi dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan apabila terdapat perubahan ataupun penundaan penetapan tarif akan diinformasikan melalui saluran komunikasi resmi Bank-Bank Himbara seperti website, media sosial, dan sebagainya," ujar Aestika saat dihubungi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini