Fakta Erick Thohir Tunjuk Abdee Slank, Sederet Tugas hingga Gaji Miliaran

Hafid Fuad, Jurnalis · Senin 07 Juni 2021 06:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 320 2420996 fakta-erick-thohir-tunjuk-abdee-slank-sederet-tugas-hingga-gaji-miliaran-8rZ6m0Uu1O.jpg Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom (Foto: Instagram)

JAKARTA - Publik dikejutkan saat muncul berita Abdi Negara Nurdin atau dikenal sebagai Abdee Slank diangkat sebagai Komisaris PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM). Abdee Slank resmi diangkat oleh Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Komisaris Independen Telkom.

Penunjukan dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 28 Mei 2021.

Beragam pemberitaan langsung ramai dan publik sangat antusias hingga banyak pro kontra. Hal ini sangat wajar mengingat rekam jejak Abdee bersama Slank dan basis fans yang dimilikinya sangat besar. Berikut fakta-fakta yang dikumpulkan Okezone tentang penunjukan Abdee Negara, Senin (7/6/2021).

1. Berapa gaji yang akan diterima Abdee sebagai komisaris Telkom

Berdasarkan, Peraturan Menteri (Permen) BUMN Nomor PER-12/MBU/11/2020 tentang Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas BUMN.

Di tahun 2020, total remunerasi yang dibayarkan kepada seluruh Dewan Komisaris Telkom adalah Rp96,0 miliar. Dengan rincian, Komut Rp9,86 miliar per tahun yang terdiri dari honorarium dan tunjangan lainnya Rp3,81 miliar dan tantiem Rp6,06 miliar.

Baca Juga: Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom Dapat Gaji Rp1,49 Miliar hingga Rp11,3 Miliar

Sementara, gaji Komisaris Independen dari Rp1,49 miliar sampai Rp11,31 miliar per tahun. Besaran remunerasi masing-masing Komisaris Independen berbeda-beda dari nilai gaji dan tunjangan serta tantiem. Untuk yang besaran Rp1,49 miliar ini ada yang sama sekali tidak mendapat tantiem atau hanya berupa gaji dan tunjangan lainnya.

Baca Juga: Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom, Analis Sebut Direksi yang Punya Strategi

Sementara untuk jabatan Komisaris total remunerasinya mulai dari Rp1,48 miliar sampai Rp8,86 miliar. Angka tersebut juga terdiri dari gaji dan tunjangan lainnya, serta tantiem. Bagi yang mendapat Rp1,48 miliar ini tercatat tidak mendapatkan tantiem, sementara yang mencapai Rp8,86 miliar tercatat berupa gaji, tunjangan lainnya, dan tantiem.

2. Pengalaman Abdee Sebagai Komisaris

Diketahui, Abdee telah menjabat sebagai komisioner di dua perusahaan berbeda, yakni di PT Sugih Reksa Indonesia (2020 – sekarang) dan PT Nagara Sains Ekosistem (2021 – sekarang).

Tidak hanya itu, Abdee juga sempat mendirikan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang musik yakni PT Hijau Multi Kreatif (2005 – sekarang) dan Maleo Music (2009 – sekarang).

3. Diangkat Demi Penguatan Konten

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan, pengalaman Abdee di dunia musik sejalan dengan core business Telkom. Salah satunya adalah penguatan konten. Hal ini dinilai sejalan arahan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Kita tahu Telkom itu masih belum kuat kontennya. Pak Erick dorong Telkom agar masuk ke konten. Nantinya Abdi ini akan bantu supaya Telkom ini kuat di konten yang dijual ke publik," ujar Arya beberapa waktu lalu.

Pemegang saham mencatat, pengalaman bermusik Abdee menjadi modal besar untuk pengembangan bisnis telkom kedepannya. Sebab, konten menjadi hal fundamental dalam bisnis di era digital atau 4.0.

"Kita membutuhkan orang seperti beliau (Abdee) yang punya visi jauh ke depan di era industri 4.0 untuk pengembangan Telkom," katanya.

4. Sangat Diapresiasi Tokoh Ternama

Menurut mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, penunjukan Abdee merupakan hal yang pantas karena kiprah gitaris Slank tersebut selama ini sudah melampaui kapasitas sebagai seorang musisi.

"Selain matang di industri musik dan hiburan, Abdee yang saya kenal sejak tahun 2005, sudah membuktikan eksistensi di organisasi masyarakat dan pemerintah. Selain aktif dalam kegiatan sosial, lingkungan hidup, gerakan anti Narkoba serta gerakan anti Korupsi, dia mendukung setiap semangat perubahan. Saya yakin dia akan mendorong dan memberikan semangat baru bagi Telkom," ujar Triawan.

Senada, Peter Gontha, tokoh jazz dan industri hiburan Indonesia ini mengapresiasi keterbukaan akan profesionalitas yang diusung Kementerian BUMN sehingga memberikan kesempatan bagi seniman untuk membangun industri musik dan hiburan dengan terlibat langsung di BUMN. Langkah itu diyakini memberi berpeluang bagi musisi untuk melakukan kolaborasi.

"Di dunia yang serba terhubung ini, kolaborasi merupakan salah satu cara paling tepat untuk memajukan semua industri, termasuk musik di era digital. Dengan keberadaan seniman seperti Abdee Negara sebagai komisaris PT Telkom, saya harapkan akan banyak inspirasi, inovasi, dan terbuka jaringan yang lebih luas bagi dua entitas, musik dan telekomunikasi," katanya.

5. Didukung Mantan Istri

Mantan istri Abdee Negara, Anita Desy Farida menilai langkah pemerintah menunjuk sang musisi sebagai Komisaris Telkom sudah tepat.

"Bapaknya anak saya itu pekerja keras. Dia itu ulet, kalau bekerja sepenuh hati," ujarnya saat dihubungi awak media.

Dijelaskan Anita, Abdee Negara adalah sosok yang bertanggungjawab dalam bekerja. Ia meyakini, personel Slank itu bisa mengemban tugas sebagai Komisaris Telkom dengan baik.

"Saya jamin 100 persen Abdee Negara bertanggung jawab dengan pekerjaan. Saya hidup sama dia sudah 21 tahun. Jadi saya tahu dia memang pantas berada di situ," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini