Ketahui Proses Cetak Uang antara BI dan Peruri

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Selasa 08 Juni 2021 06:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 07 320 2421212 ketahui-proses-cetak-uang-antara-bi-dan-peruri-KIVoOnkr0f.jpg Ketahui Proses Cetak Rupiah. (Foto: Okezonec.com)

JAKARTA - Uang Rupiah yang dimiliki masyarakat tidak dibuat dan disebarkan secara sembarangan. Ada proses yang cukup panjang dalam merencanakan dan mencetak uang Rupiah, baik kertas maupun logam.

Masyarakat biasanya mengetahui bahwa Bank Indonesia (BI) merupakan lembaga yang berwenang dalam mencetak uang Rupiah. Namun, ternyata tidak hanya BI saja yang berperan, ada lembaga lain yaitu Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri).

Baca Juga: Rupiah Melemah, Tak Sanggup Lihat Ekonomi RI Minus 0,74%

Lalu, apakah perbedaan dari peran BI dan Perum Peruri dalam mencetak uang Rupiah? Simak penjelasan berikut, dikutip dari Instagram BI @bank_indonesia, Selasa (8/5/2021).

Bank Indonesia

Kegiatan mencetak uang Rupiah yang dilakukan Bank Indonesia berdasarkan rencana cetak dalam periode tertentu.

Baca Juga: Viral Uang Pecahan 1.0, Peruri: Bukan Alat Pembayaran Sah

Rencana tersebut mencakup rencana jumlah nominal dan jumlah lembar Uang Rupiah kertas, serta rencana jumlah nominal dan keping Uang Rupiah logam.

Perum Peruri

Sesuai amanat UU Mata Uang Bank, Indonesia menunjuk Perum Peruri (Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia untuk melakukan pencetakan uang Rupiah.

Perum Peruri merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) satu-satunya yang bergerak dalam bidang pencetakan Uang Rupiah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini