Ada Pabrik Tempe di Jepang hingga Dikenal Sampai Meksiko

Rabu 09 Juni 2021 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 455 2422497 ada-pabrik-tempe-di-jepang-hingga-dikenal-sampai-meksiko-tly9H4dPe1.png Rustono Mendirikan Pabrik Tempe di Jepang. (Foto: Okezone.com/BBC Indonesia)

JAKARTA - Tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Tapi siapa sangka, ada pabrik tempe di Jepang.

Rustono, dia merupakan pengusaha tempe di Jepang. Pabriknya berada di kaki bukit di luar Kota Kyoto, Jepang.

"Saya Rustono, pengusaha tempe di Jepang, saya lahir di Grobogan (Jawa Tengah), saya punya dua pabrik salah satunya di belakang saya," katanya, dikutip dari BBC Indonesia, Rabu (9/6/2021).

Rustono memperlihatkan suasana di seputar pabriknya yang terletak di tengah pegunungan, banyak pohon pinus dengan sungai kecil tak jauh dari situ.

Baca Juga: Mengintip Peluang Bisnis Sepakbola yang Banyak Diincar Artis, Bisa Bikin Kaya Raya?

"Inilah mimpi kami. Banyak hadiah dari alam. Kayu bisa untuk bakar boiler, air pegunungan untuk proses pembuatan tempe," katanya.

"Kami produksi 10.000 bungkus (setiap lima hari) dan dikirim ke lebih 1.000 titik di Jepang, meliputi restoran, katering, sekolah untuk makan siang, hotel, toko-toko Asia, orang Indonesia di Jepang, maskapai penerbangan dan masih banyak lagi," katanya lagi.

Tak hanya Rustono, berjarak hampir 12.000 kilometer dari Jepang, Seorang Perempuan Luisa Velez mengolah dan memproduksi tempe di Kota Meksiko.

Baca Juga: Contoh Usaha Kuliner Pinggir Jalan, dari Martabak hingga Kue Cubit

Di kemasan tempe yang diproduksinya ada tulisan berbahasa Spanyol, "Hadiah Indonesia untuk dunia"

"Saya Luisa Vélez, saya membuat tempe. Saya jatuh cinta dengan tempe ketika pertama kali mencoba di Yogyakarta," katanya.

Luisa ke Indonesia saat itu dalam program Darmasiswa, beasiswa dari Kementerian Luar Negeri.

"Saya ingin orang-orang tahu, bahwa tempe adalah warisan yang datang dari negara indah yang kaya budaya. Saya merasa mendapat kehormatan dapat menyebar makanan Indonesia luar biasa dan bergizi ini," ujarnya.

Luisa, seorang sarjana nutrisi yang mengaku sudah membuat tempe lebih dari 15 tahun, mengatakan belajar membuat tempe dari Rustono.

"Saya terinspirasi dari dia. Rustono menjadi mentor dan mitra bisnis saya. Sejak bertemu dengannya, hidup saya berubah dan saya sangat berterima kasih kepadanya," kata Luisa lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini