Peminat Asuransi Turun, Klaimnya Meningkat hingga Rp49,4 Triliun

Jum'at 11 Juni 2021 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 320 2423432 peminat-asuransi-turun-klaimnya-meningkat-hingga-rp49-4-triliun-GI6GFrZxQX.jpg Klaim Asuransi Meningkat. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Klaim asuransi meningkat 3,97% (YoY) di masa pandemi, dari Rp47,60 triliun pada April 2020 menjadi Rp49,49 triliun pada periode yang sama di 2021.

Kepala Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Regional 6 Sulampua Bondan Kusuma mengatakan, industri asuransi masih mengalami peningkatan baik dari jumlah premi maupun iuran apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Nasabah Asuransi Kresna Tak Bisa Cairkan Klaim, BPKN Minta OJK Turun Tangan

"Hanya saja selama pandemi ini, peminat asuransi cenderung turun sedangkan klaim justru semakin meningkat," katanya, dikutip dari Antara, Jumat (11/6/2021).

Meski demikian, ada perbaikan kinerja akan terjadi pada tahun 2021 ini seiring dengan mulainya pemulihan ekonomi serta langkah literasi yang atraktif dilakukan secara bersama.

Baca Juga: Nasabah Meninggal Diduga Tak Terima Pertanggungan, Ini Penjelasan Asuransi Jiwa Kresna

Berbeda dengan catatan OJK, AXA Mandiri sebagai salah satu lembaga asuransi merilis pada 2020 mencatatkan kinerja klaim asuransi sebesar Rp4,8 triliun. Jumlah klaim yang dibayarkan tersebut turun dibandingkan dengan 2019, yang mencapai Rp5,3 triliun.

Chief Communications Officer AXA Mandiri Atria Rai mengemukakan dalam menyiasati pandemi telah mengembangkan layanan digital pada sisi pemasaran, dengan meluncurkan dua aplikasi yang dapat digunakan oleh para tenaga pemasar maupun nasabah.

Melalui aplikasi tersebut, nasabah dapat melakukan tanya jawab secara langsung, dan mendapatkan poin-poin tertentu dalam membayar premi.

"Pandemi merubah banyak sekali tatanan hidup. Bisnis dan industri, khususnya industri asuransi. Ini memaksa adaptasi itu dilakukan," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini