Kasus-Kasus COD Viral, Dari Disiram Air Sampai Diancam Samurai

MNC Portal, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 320 2428448 kasus-kasus-cod-viral-dari-disiram-air-sampai-diancam-samurai-16ZyEqGdye.jpg Kasus COD. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Istilah COD (Cash on Delivery) sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Sistem ini memungkinkan pelanggan membayar barang yang dibelinya saat pesanan sudah di tangan. Belakangan ini, sistem tersebut menuai perhatian lantaran banyak video viral yang beredar terkait keributan antara kurir COD dengan konsumennya. Berikut rangkumannya.

16 Juni 2021

Kasus COD (Cash on Delivery) kembali berujung keributan. Peristiwa yang terjadi di Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang viral di media sosial. Konsumen mengancam memborgol kurir karena pesanannya tidak sesuai. Konsumen kesal karena pesanan CCTV bohlamnya berisi botol air mineral. Konsumen marah dan meminta agarnya uang dikembalikan. Pihak kepolisian dari Polsek Kronjo akhirnya mempertemukan konsumen dan sang kurir. Dalam pertemuan tersebut konsumen mengaku menyesal dan meminta maaf ke kurir atas perbuatannya.

Baca Juga: Barang COD Tak Sesuai, Emak-emak Ngamuk Banting Barang Kurir. Selengkapnya di iNews Siang Minggu Pukul 11.00 WIB

10 Juni 2021

Kurir pengantar barang online disiram air saat dirinya sedang mengantar pesanan bor online dengan sistem COD yang dipesan seorang wanita di Palembang, Sumatera Selatan. Awalnya, wanita itu memesan bor seharga Rp77 ribu. Setelah diteliti, barang yang dipesannya ternyata hanya bagian kepala bor saja. Wanita itu bersikukuh bahwa ia memesan sesuai foto yang ada di katalog seller. Kemudian sang kurir membuka aplikasi dan tertera keterangan jika barang yang dibeli wanita itu memang hanya kepala bor.

Baca Juga: Konsumen COD Marah-Marah Ancam Borgol Kurir, Ujung-ujungnya Minta Maaf

04 Juni 2021

Di media sosial viral video yang memperlihatkan pria yang ngotot untuk mengembalikan barang yang ia pesan dengan sistem COD ke kurir. Pria tersebut mengaku bahwa pesanannya tidak sesuai. Barang yang akan dikembalikan sudah dalam keadaan terbuka. Kurir pun menolak menerima barang tersebut dan meminta pria itu protes ke pihak penjual. Kurir pun telah menjelaskan kebijakan ecommerce terkait sistem COD namun pria tersebut justru merekam dan tetap tidak ingin bayar. Kejadian tersebut terjadi di Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur.

Mei 2021

MDS, 44, ditangkap pihak kepolisian karena mengancam kurir dengan samurai. Kasus ini berawal ketika kurir mengantar paket kepada pelaku dengan sistem COD. Pelaku merasa tertipu dan memarahi kurir lantaran jam tangan yang dipesannya dating dalam wujud bungkus rokok kosong. Pelaku mengaku spontan ketika mengancam kurir dengan samurai.

Mei 2021

Video pembeli barang online dengan sistem COD yang memarahi kurir kembali viral. Dalam video tersebut, perempuan berbaju kuning berkali-kali melontarkan kata-kata kasar ke kurir karena pesanannya tidak sesuai. Ia meminta uangnya dikembalikan. Perempuan lain yang berbaju merah yang ada disamping prerempuan berbaju kuning juga terus menyalahkan kurir.

Diolah berbagai sumber

Tika Vidya Utami/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini