4 Fakta Ivermectin, Harga Terjangkau tapi Bukan Obat Covid-19

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 320 2429516 4-fakta-ivermectin-harga-terjangkau-tapi-bukan-obat-covid-19-Hajigd4VtB.jpg Obat Ivermectin Buka untuk Covid-19. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Ivermectin tengah menjadi pembicaraan karena bisa mengobati Covid-19. Padahal izin obat ini digunakan sebagai anti parasit.

Obat yang dikembangkan PT Indofarma Tbk merupakan produk generik dari Ivermectin 12 mg dalam kemasan botol isi 20 tablet.

Obat terapi bagi pasien Covid-19 tersebut pun sudah memperoleh izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Bahkan, sudah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat.

Baca Juga: Izin Ivermectin Bukan Obat Covid-19, Begini Kata Staf Erick Thohir

Secara in vitro, Ivermectin memiliki aktivitas anti-virus yang luas (broad-spectrum anti-viral activity) dengan cara menghambat replikasi Covid-19.

Adapun MNC Portal Indonesia merangkum sejumlah fakta Ivermectin dan akan diproduksi anggota Holding BUMN Farmasi.:

1. Bukan Obat Covid-19

Meski memiliki aktivitas anti-virus yang luas (broad-spectrum anti-viral activity) dengan cara menghambat replikasi Covid-19, Ivermectin bukanlah obat Covid-19.

Baca Juga: Ivermectin Obat Keras, Erick Thohir: Jangan Konsumsi Tanpa Resep Dokter

Ivermectin digunakan untuk terapi pasien Covid-19. Obat tersebut sudah digunakan di India dan penggunaanya harus berdasarkan resep atau rekomendasi dokter. Di Indonesia, sejumlah dokter sudah mengguna Ivermectin untuk proses terapi. Hal itu berdasarkan studi kesehatan yang dibukukan dalam jurnal ilmiah mengenai pemakaian ivermectin.

2. Kolaborasi Erick Thohir dan Prabowo

Dalam proses pengerjaannya, Kementerian BUMN selaku pemegang saham pun menggandeng Kementerian Pertahanan dan pihak lainnya untuk menggarap proyek di sektor farmasi tersebut.

Di mana, Indofarma dan beberapa Rumah Sakit (RS), termasuk diantaranya Rumah Sakit di bawah Kementerian Pertahanan sudah melakukan tahap penelitian di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes).

"Saat ini, Ivermectin dalam tahap penelitian di Balitbangkes dan bekerjasama dengan beberapa Rumah Sakit, termasuk diantaranya Rumah Sakit di bawah Kementerian Pertahanan," ujar Erick dikutip Rabu, (23/6/2021).

3. Harga Terjangkau

Ivermectin yang diproduksi Indofarma cukup terjangkau. Dimana, harga yang ditetapkan di kisaran Rp 5.000 - Rp 7.000. Ketersediaan obat Ivermectin atau anti-parasit dipastikan cukup bagi pasien.

4. Produksi 4 Juta Per Bulan

Erick Thohir memastikan, ketersediaan obat Ivermectin cukup saat ini. Indofarma sendiri akan memproduksi 4 juta Ivermectin bisa dicapai per bulannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini