Obat Ivermectin Tidak Dijual Online dan Bebas

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 28 Juni 2021 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 320 2432041 obat-ivermectin-tidak-dijual-online-dan-bebas-vrQKO9pPH6.jpg Uji Klinis Ivermectin untuk Penggunaan Penanganan Covid-19 Terus Dilakukan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Obat Ivermectin tidak dijual secara online. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dalam uji klinisnya pun menyatakan bahwa obat ini tidak dijual bebas.

"Nantinya jika telah lolos uji, masyarakat tidak bisa membeli bebas. Terutama beli di toko online yang tidak resmi,” ujar Ketua BPOM Penny Lukito dalam video virtual, Senin (28/6/2021).

Baca Juga: 4 Fakta Ivermectin, Harga Terjangkau tapi Bukan Obat Covid-19

Badan POM sudah mengeluarkan izin penggunaan atau izin edar untuk Ivermectin sebagai indikasi infeksi kecacingan yang diberikan dalam dosis-dosis tertentu.

Lalu, juga ada petunjuk dari WHO dikaitkan dengan pengobatan Covid-19. Rekomendasi WHO adalah Ivermectin dapat digunakan dalam kerangka uji klinik. Serta juga diberikan oleh beberapa otoritas obat dalam kategori sistem regulatory yang baik seperti US FDA dan EMA.

Baca Juga: Alasan Erick Thohir Perjuangkan Ivermectin Lawan Covid-19, Obat Murah untuk Masyarakat

"Namun memang data uji klinik masih harus terus kita kumpulkan di mana pada saat ini belum konklusif untuk menunjang bahwa ini penggunaannya untuk Covid-19," bebernya.

Dia menambahkan, BPOM sejalan dengan rekomendasi WHO memfasilitasi untuk segera mendukung pelaksanaan uji klinik yang diinisiasi oleh Balitbang Kemenkes.

"Dengan demikian sehingga akses masyarakat untuk obat ini bisa juga dilakukan segera secara luas dalam pelaksanaan untuk uji klinis," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini