Perusahaan dan Pelaku Kripto Wajib Penuhi Aturan Perdagangan RI

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 320 2434371 perusahaan-dan-pelaku-kripto-wajib-penuhi-aturan-perdagangan-ri-GSrO2uz5Ai.jpg Perusahaan dan Pelaku Kripto Harus Ikuti Aturan Perdagangan di Indonesia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyikapi transformasi sistem ekonomi dan keuangan dunia dengan hadirnya kripto. Menurutnya, negara dan masyarakat harus punya pemahaman dan kesiapan institusi untuk menghadapi tranformasi tersebut. .

Dirinya menilai bahwa kripto akan terus meluas dan meningkat penggunaannya. Beberapa negara mengambil jarak dengan crypto, beberapa negara lain belum mengatur soal crypto. Indonesia sendiri berinisiatif untuk proaktif dalam hal crypto ini.

Baca Juga: Demam Investasi Kripto, Watimpres Bahas Implementasi di Indonesia

"Kita harus pastikan bahwa perusahaan dan pelaku kripto mematuhi aturan keuangan dan perdagangan di Indonesia, bukan sebaliknya," kata Jerry, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (2/7/2021).

Menurut Jerry, Indonesia perlu mengambil sikap agar tidak gagap dengan transformasi crypto. Dengan begitu Indonesia bisa memaksimalkan potensi positifnya dan mengelola dampak sampingannya.

Baca Juga: Susul El Salvador, Paraguay Pertimbangkan Legalkan Bitcoin

Sementara itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, diperlukan kerangka aturan yang komprehen terhapa perubahan ini.

"Melihat trend, nampaknya kripto akan makin dirasakan kehadirannya. Karena itu negara harus responsif, akomodatif sekaligus antisipatif," ujar Airlangga.

Airlangga menilai perdagangan kripto sudah mencapai 370 triliun dengan pelanggan yang mencapai 6,4 juta adalah sebuah kondisi riil yang harus dikelola dengan baik. Ke depan perdagangan crypto akan lebih mapan dengan potensi produk yang makin beragam.

" Yang terpenting adalah bagaimana agar pengembangan itu makin mendukung kepentingan nasional." Kata Airlangga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini