Mendagri ke Pemda: Percepat Penyaluran Bansos

Dita Angga R, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 320 2434443 mendagri-ke-pemda-percepat-penyaluran-bansos-1tjFrkM3d9.jpg Mendagri Minta Pemda Percepat Penyaluran Bansos. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Bantuan sosial (Bansos) segera diberikan kepada masyarakat guna meringankan beban karena penerapan PPKM Darurat. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pun menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) No.15/2021.

Inmendagri tersebut, Mendagri meminta para kepala daerah yang menjalankan PPKM Darurat untuk mempercepat proses penyaluran bantuan sosial (bansos) yang bersumber dari APBD.

Baca Juga: Kabar Gembira! BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair Lagi

“Mempercepat proses penyaluran bantuan sosial serta jaring pengaman sosial yang bersumber dari APBD,” demikian bunyi diktum kedelapan huruf a.

Pada diktum tersebut juga disebutkan apabila terdapat kebutuhan tambahan pendanaan untuk penganggaran dan penyaluran bantuan sosial serta jaring pengaman sosial dalam mendukung pelaksanaan PPKM Darurat maka kepala daerah perlu melakukan rasionalisasi dan/atau realokasi anggaran.

Baca Juga: Ini Syarat Dapat Bansos Tunai Rp600.000

“Dilakukan rasionalisasi dan/atau realokasi anggaran dari program/kegiatan yang kurang prioritas pada anggaran anggaran bantuan sosial serta jaring pengaman sosial,” demikian bunyi diktum kedelapan huruf a poin 1.

Terkait tata cara rasionalisasi dan/atau realokasi tersebut berpedoman kepada Pasal 4 dan Pasal 5 Permendagri No.20/2020 tentang Percepatan Penanganan Covid 2019 di Lingkungan Pemerintah Daerah. Lalu juga pada pasal 3 sampai dengan Pasal 6 Permendagri No.39/2020 tentang Pengutamaan Penggunaan Alokasi Anggaran untuk Kegiatan Tertentu, Perubahan Alokasi dan Penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Daerah juga diingatkan untuk melakukan sinkronisasi bantuan sosial yang berasal dari pusat dengan bantuan sosial yang bersumber dari APBD. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini