Share

Keluh Kesah Pedagang: Tak Lagi Pikirkan Untung, yang Penting Bisa Beli Beras Seliter

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Minggu 18 Juli 2021 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 18 320 2442450 keluh-kesah-pedagang-tak-pagi-pikirkan-untung-yang-penting-bisa-beli-beras-seliter-BYCjr0OuLv.jpeg Pedagang (Foto: Shelma Rachmahyanti)

JAKARTA – Pemerintah menetapkan PPKM Darurat di beberapa daerah mulai 3 hingga 20 Juli mendatang. Kebijakan tersebut diambil guna menekan laju penyebaran Covid-19.

Bahkan, saat ini pemerintah tengah menyiapkan skenario PPKM Darurat yang akan diperpanjang. Hal tersebut terjadi, karena risiko pandemi Covid-19 masih tinggi. Adapun wacana ini membuat resah beberapa pihak, salah satunya pedagang kaki lima (PKL).

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia, di salah satu jalan sekitar taman kota di kawasan Depok, Jalan Irian Jaya, nampak sepi. Walau cukup banyak pedagang di pinggir jalan, namun hanya sedikit orang yang melewati jalan tersebut.

Salah seorang pedagang buah, Bapak Samsudin (39 tahun) mengaku, akhir-akhir ini dagangannya sepi pembeli. Dia mengatakan, sejak PPKM Darurat diberlakukan penjualan sangat menurun.

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang, Bansos Tunai Diusulkan Naik Jadi Rp1 Juta

“Saya berjualan buah setiap hari, tapi sejak ada PPKM Darurat penjualan menurun drastis. Memang sepi, keadaannya lagi begini,” kata Samsudin kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (18/7/2021).

Bahkan, Samsudin mengeluh, bahwa seminggu ke belakang kondisi penjualan semakin parah. Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh pada omzet yang didapat. Adapun keuntungan yang dia dapat sangat minim.

Baca Juga: 40 Tahun Berdagang, Baru 2 Tahun Ini Terpukul

“Seminggu terakhir ini penjualan tambah parah. Omzet saya juga menurun sejak PPKM. Boro-boro keuntungan, paling buat beras seliter,” ujar dia.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Lanjutnya, bantuan dari pemerintah sangat diharapkan pada situasi saat ini. Lalu, dia juga berharap bahwa kondisi akan segera membaik.

“Ya, kalau ada bantuan mah Alhamdulillah. Juga mudah-mudahan pandemi cepat selesai, biar seperti semula lagi,” ucap Samsudin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini