Laporan Keuangan hingga PKPU Jadi Acuan Saham Masuk Pemantauan Khusus

Aditya Pratama, Jurnalis · Senin 19 Juli 2021 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 278 2443050 laporan-keuangan-hingga-pkpu-jadi-acuan-saham-masuk-pemantauan-khusus-sM9JYUNxZk.jpg BEI (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah meresmikan peluncuran Daftar Efek Bersifat Ekuitas yang Diperdagangkan dalam Pemantauan Khusus hari ini. Adapun kriteria penilaian terhadap emiten nantinya akan ada yang bersifat periodik dan non event.

Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional BEI, Irvan Susandy mengatakan, laporan keuangan termasuk dalam kriteria penilaian bersifat periodik, dimana nantinya data yang dipakai adalah laporan keuangan emiten yang telah diaudit.

Selain itu, mengenai kriteria penilaian bersifat non event seperti gugatan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) serta gugatan pailit yang nantinya akan diberikan notasi khusus dan masuk ke dalam efek dalam pemantauan khusus.

Baca Juga: Dear Investor! Ini Daftar 17 Saham dalam Pemantauan Khusus, dari PBRX hingga Sritex

"Jadi, sifatnya ada yang non event dan periodik. Jumlahnya ini bisa berkurang dan bertambah, jadi bisa saja nanti penyebabnya sudah terselesaikan jadi nanti dia dikeluarkan dari Daftar Efek Bersifat Ekuitas yang Diperdagangkan dalam Pemantauan Khusus," ujar Irvan dalam acara Peluncuran Daftar Efek Bersifat Ekuitas yang Diperdagangkan dalam Pemantauan Khusus, Senin (19/7/2021).

Irvan menambahkan, diadakannya Daftar Efek Bersifat Ekuitas yang Diperdagangkan dalam Pemantauan Khusus bertujuan untuk lebih memberikan perlindungan kepada investor dengan memberikan informasi material yang bisa mempengaruhi keputusan investasi tapi dengan cara yang lebih mudah dalam bentuk notasi.

Baca Juga: Kapitalisasi Pasar Saham 34 BUMN di BEI Tembus Rp1.733 Triliun

"Dengan notasi ini kami harapkan informasi material ini bisa lebih mudah diketahui investor dan juga membantu mereka dalam melakukan keputusan investasinya," kata dia.

Diharapkan, dengan adanya notasi khusus ini tidak ada lagi investor yang merasa terjebak atau kesulitan mencari informasi suatu emiten sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

"Nah ini beberapa informasi material kami sediakan dalam notasi khusus tidak hanya dalam bentuk efek pemantauan khusus tapi juga ada beberapa dari lainnya, dan harapannya investor dapat memudahkan investor mengetahui informasi tersebut tanpa effort yang banyak," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini