Rayakan Idul Adha, Erick Thohir Ungkap Kerinduan Kembali ke Baitullah

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 20 Juli 2021 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 320 2443359 rayakan-idul-adha-erick-thohir-ungkap-kerinduan-kembali-ke-baitullah-OnJIM6dSGO.jpg Menteri BUMN Erick Thohir Unggah Foto saat Ibadah Haji. (Foto: Okezone.com/Instagram)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir turut merayakat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah. Erick pun mengunggah sebuah foto bersama rombongan asal Indonesia saat berada di Tanah Suci, Makkah. Gambar tersebut diambil sejak tahun 2005 silam.

Dalam unggahan itu, dia mengutarakan rasa rindunya untuk berangkat ke Baitullah, sebutan atau nama lain dari Kakbah. Erick menuliskan, rindu yang paling tidak tertahan adalah rindu untuk kembali ke Baitullah.

Baca Juga: Idul Adha di Tengah Pandemi, Sandiaga Uno: Semangat Jangan Surut, Harapan Tetap Dijaga

"Bersama teman-teman rombongan saat melaksanakan Ibadah Haji tahun 2005. Mendoakan semuanya dalam keadaan sehat walafiat. Sungguh rindu yang paling tidak tertahan adalah rindu untuk kembali ke Baitullah," ujar melalui akun instagramnya, Selasa (20/7/2021).

Dia berharap, pandemi Covid-19 dapat segera tertangani dengan baik. Sehingga kegiatan umroh dan haji jemaah Indonesia bisa segera berjalan kembali. "Amin," katanya.

Baca Juga: Makna Idul Adha bagi Sri Mulyani di Tengah Covid-19: Tabungan Pahala

Idul Adha jatuh pada 10 Dzulhijjah. Pada hari itu umat Islam disunnahkan melakukan sholat 'Idul Adha dan menyembelih hewan qurban. Dan pada hari yang sama, jutaan jamaah haji bergerak dari Muzdalifah menuju Mina untuk melontar jumrah sebagai bagian utuh dari ritual ibadah haji.

Tepat sehari atau sebelum tanggal 9 Dzulhijjah, ketika para jamaah haji berwukuf di Arafah, umat Islam seluruh dunia disunnahkan untuk melakukan puasa sunnah. Nama puasanya disebut dengan puasa Arafah. Dan puasa Arafah adalah ibadah yang disunnahkan terkait dengan hari Raya Idul Adha

Dalam momentum itu, jamaah haji melakukan semua ritual ibadahnya di Makkah, Mina, Arafah dan Muzdalifah. Sedangkan yang umat Islam lainnya bisa merayakan hari raya Adha itu di mana saja mereka berada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini