Optimis Kesembuhan Pasien Covid-19, Erick Thohir Kutip Ayat Al-Quran

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 320 2443919 optimis-kesembuhan-pasien-covid-19-erick-thohir-kutip-ayat-al-quran-xdG2ShmiUh.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir optimis pandemi Covid-19 akan tertangani dengan baik. Dia pun mengutip janji Allah dalam Al-Quran surat An-nisa Ayat 32.

"Sebagaimana surat An-nisa Ayat 32 'karunia Allah akan datang kepada mereka yang senantiasa bersungguh-sungguh dalam berikhtiar," ungkap Erick melalui akun Instagramnya @erickthohir, Rabu (21/7/2021).

Dia pun menitipkan ikhtiar pemerintah dengan mengamanahkan Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) Ekstensi, Asrama Haji sebagai RS Rujukan Covid-19. Dia berharap, fasilitas kesehatan tersebut menjadi tempat penyembuhan pasien Covid-19.

Baca Juga: Erick Thohir Pastikan Pasokan Oksigen Tetap Lancar di Masa Covid-19

"Melalui RSPJ Ekstensi Asrama Haji sebagai RS Rujukan Covid-19 ini, saya titipkan ikhtiar untuk kesembuhan rakyat serta keselamatan bagi seluruh pihak yang membantu dalam penanganannya," katanya.

Tak lupa, mantan Bos Inter Milan itu mengutarakan doa agar Indonesia segera terbebas dari pandemi Covid-19. "Insya Allah," tutur dia.

Baca Juga: Setelah Luhut, Giliran Erick Thohir Minta Maaf Jalankan Penugasan Tidak Sempurna

Saat peresmian Asrama Haji menjadi RS darurat Covid-19, Erick pun mengapresiasi kesigapan dan kecepatan holding Rumah Sakit (RS) BUMN, Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (IHC) dalam memenuhi kebutuhan ruang rawat bagi pasien Covid-19 yang meningkat di tengah pandemi ini.

Dia menilai, perubahan gedung Arafah Asrama Haji Embarkasi Jakarta oleh Pertamedika IHC menjadi RSPJ Ekstensi yang dikhususkan untuk pasien dengan gejala berat hingga kritis merupakan langkah tepat.

Di mana, adanya relokasi kegunaan gedung berlantai 4 dengan luas 1.357 meter itu diprakarsai Pertamina dan Pertamedika IHC sehingga kini memiliki fasilitas gawat darurat dan rawat jalan yang sangat memadai.

RSPJ Ekstensi yang menempati gedung utama Arafah di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta memiliki fasilitas pelayanan mulai dari ruang IGD dengan 24 tempat tidur ICU dan enam tempat tidur non ICU, hingga ruang rawat di lantai 2, 3, dan 4 yang menyediakan 16 tempat tidur HCU dan 104 tempat tidur ICU.

Dengan total kapasitas 150 tempat tidur rawat isolasi Covid-19, RSPJ Ekstensi diperlengkapi pula dengan 74 unit mesin ventilator, 50 unit High Flow Nasal Canul (HFNC) dan 124 alat bantu pernapasan.

Termasuk fasilitas medis standar untuk penanganan pasien Covid-19, seperti ISO Tank untuk oksigen sentral, negative pressure dengan hepa filter, radiologi CT scan, x-ray, dan laboratorium klinik. Selain itu, dua gedung di lingkungan tersebut, Gedung D1 dan D2 juga diperuntukkan bagi para tenaga kesehatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini