Tekan Impor, Ini Jurus RI Tingkatkan TKDN Produk Laptop hingga Tablet

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Kamis 22 Juli 2021 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 320 2444360 tekan-impor-ini-jurus-ri-tingkatkan-tkdn-produk-laptop-hingga-tablet-5ijMZnX9uA.jpg Upaya Menperin Dorong Produk Dalam Negeri. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan strategi khusus dalam rangka mengoptimalkan produk dalam negeri. Strategi khusus tersebut meningkatkan komponen dalam negeri (TKDN).

Agus juga akan melakukan optimalisasi pengadaan barang dan jasa sehingga menciptakan kepastian pasar produksi dalam negeri.

Baca Juga: Menko Luhut Bakal Batasi Impor Barang Elektronik

"Maka kami akan mengoptimalisasi P3DN terutama pengadaan barang dan jasa sehingga menciptakan kepastian pasar produksi dalam negeri, penyusunan dan penerapan SNI dan juga akan ada bimbingan-bimbingan kedepan, dan kita berupaya terus mendorong hal ini," kata Agus melalui pernyataan virtual, Kamis (22/7/2021).

Tak hanya itu, Kemenperin berupaya mendorong kegiatan Research and Development (R&D) di dalam negeri untuk mendorong kemajuan industri dalam negeri.

Baca Juga: Pakai Produk Lokal Jadi Kekuatan untuk Ekonomi Indonesia

"Kami dorong perusahaan untuk melakukan R&D untuk melakukan lokalisasi intelektual properti, laptop berupa industri design, elecrical design dan menchanical design, ke depan juga kita arahkan untuk bisa memproduksi chipset yang saat ini sudah langka dan berdampak kepada produsen laprtop di dalam negeri," paparnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan memfasilitasi komponen-komponen yang dibutuhkan untuk pengadaan dalam bidang industri ini khususnya TIK.

Kemenperin juga berupaya melakukan monitoring dan bekerja sama dengan berbagai Kementerian mulai dari Kemendikbud hingga SMK untuk meningkatkan dan menggunakan produk barang khususnya TIK.

"Pemerintah juga dari bidang TIK yang merupakan salah satu produk yang penting untuk bisa dilakukan produk sendiri, kalau kita break down lagi itu mencakup seperti notebook, router, desktop, komputer tablet dan kami akan bantu untuk sinergikan terhadap peningkatan tersebut," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini