Indra Rudiansyah Kembangkan Vaksin AstraZeneca, Erick Thohir: Guncangkan Dunia

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 23 Juli 2021 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 320 2445005 indra-rudiansyah-kembangkan-vaksin-astrazeneca-erick-thohir-guncangkan-dunia-iHYtE1LYxI.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone)

JAKARTA - Nama Indra Rudiansyah mencuat ke publik usai dirinya diketahui ikut andil dalam pembuatan vaksin Covid-19 hasil produksi perusahaan biofarmasi multinasional di Inggris, AstraZeneca.

Mahasiswa berumur 28 tahun itu ikut terlibat dalam penelitian vaksin AstraZeneca. Bahkan, dirinya bergabung dengan tim Jenner Institute Uni of Oxford yang membantu uji klinis vaksin yang di gelar di Universitas tertua di dunia itu.

Pencapaian dan prestasi besar Indra Rudiansyah berhasil mencuri perhatian Menteri BUMN, Erick Thohir. Sebab, bukan saja kontribusinya membantu masyarakat dunia untuk terlepas dari ancaman virus, namun juga karena status Indra yang masih menjadi karyawan PT Bio Farma (Persero).

Baca Juga: Mau Kerja Bareng Erick Thohir? Buruan Daftar CPNS Kementerian BUMN

Tak tanggung-tanggung, Erick pun mengapresiasi langkah Indra dengan menyebut lelaki kelahiran Bandung itu mampu mengguncang dunia. Pernyataan itu menegaskan bahwa anak bangsa juga mampu bersaing di kancah global.

"Saya juga melihat dengan adanya generasi muda Indonesia di luar negeri, dan tadi kita bisa kasih lihat ke dunia bahwa kita hebat-hebat, ya nggak, Pak Soekarno aja bilang, kasih saya sekian pemuda kita guncangkan dunia, ini satu saja di Oxford sudah menggoncang," ujar Erick, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: Erick Thohir Buka Lowongan Kerja, Syaratnya Harus Punya Akhlak

Saat ini Indra tengah menempuh pendidikan D.Phil in Clinical Medicine, Jenner Institute, University of Oxford.

Sementara, saat terlibat dalam tim Jenner Institute Uni of Oxford, uji coba dan mengembangkan vaksin Covid-19 dilaksanakan sejak 20 Januari lalu yang dipimpin Prof. Sarah Gilbert, Prof. Andrew Pollard, Prof. Teresa Lambe, Dr Sandy Douglas, Prof. Catherine Green dan Prof. Adrian Hill.

Erick pun melontarkan pertanyaan perihal waktu kepulangan atau kembalinya Indra ke Indonesia. Sebab, Mantan Bos Inter Milan itu berharap Indra kembali bergabung dengan Tim Bio Farma untuk mengembangkan vaksin Merah Putih dan vaksin BUMN.

"Pertanyaannya gini ndra, rencananya kapan balik?," tanya dia.

Mendengar pertanyaan Indra mengaku akan balik pada Oktober 2022 usai menyelesaikan pendidikan S-3-nya. "Kalau semuanya lancar Oktober tahun depan semuanya selesai Pak," jawab dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini