Keluh Pedagang Pasar Omzet Turun, dari Rp4 Juta Kini Raup Rp2 Juta

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Senin 26 Juli 2021 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 320 2446169 keluh-pedagang-pasar-omzet-turun-dari-rp4-juta-kini-raup-rp2-juta-yxKtBzlgIU.jpg Pedagang Pasar Khawatirkan Dampak Perpanjangan PPKM Level 4. (Foto: Okezone.com/MPI)

JAKARTA - Pedagang pasar semakin khawatir dengan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan Level 4. Pasalnya, dampak selama pemberlakukan PPKM Darurat beberapa waktu lalu membuat pendapatan turun hingga 50%.

Salah satu pedagang di Pasar Tradisional Pondok Gede, Mufthi (39) mengatakan, pendapatan usaha di pasar menurun 50% dari pendapatan biasanya.

Baca Juga: Cluster Pasar Meningkat, Pimpinan Ikatan Pedagang Serukan Disiplin Prokes

"Di Pasar Minggu, adik saya itu biasa omsetnya Rp4 juta per hari, cuma sekarang Rp2,5 juta per hari sudah paling ramai. Saya juga mengalami penurunan, dari biasa omset Rp4 juta per hari, sekarang menurun bisa Rp3 juta hingga Rp2 juta per hari," ujar Mufthi, saat ditemui MNC Portal, Senin (26/7/2021).

Sementara itu, Mufthi menilai bantuan sosial pemerintah tidak mencukupi jika masyarakat disuruh bertahan hidup dengan uang Rp300 ribu per bulan.

Baca Juga: Curhat Pedagang: Pasar Sepi, Pendapatan Turun

"Kalau emang PPKM diperpanjang, ya boleh, tapi ingat rakyat kecil, makannya? Apa cukup sebulan Rp300 ribu? Sedang di rumah ada 5 orang 6 orang." ujarnya.

Senada dengan Mufthi, Imin yang menjual bahan dasar makanan pun mengakui hal yang sama. Pendapatannya terus menurun seiring diberlakukannya PPKM Darurat.

"Kalau kemarin kan PPKM itu memang turun drastis, bisa dibilang setengahnya lah, kalau biasa Rp4 juta, sekaranh cuma Rp2 juta," ujar Imin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini