Seluruh Pasar Boleh Buka, Berikut Daftar dan Jam Operasionalnya

Antara, Jurnalis · Senin 26 Juli 2021 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 320 2446251 seluruh-pasar-boleh-buka-berikut-daftar-dan-jam-operasionalnya-5oXW9d77Du.jpg Seluruh Pasar Dibuka pada Masa PPKM Level 4. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Seluruh pasar rakyat di Jawa-Bali, termasuk Jakarta boleh dibuka selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Tentunya dengan ketentuan yang diatur untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Jadi kalau kita lihat, pasar yang menjual barang-barang kebutuhan pokok, seluruh pasar rakyat di Jakarta boleh dibuka sampai dengan jam delapan malam dengan kapasitas 50%," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, dikutip dari Antara, Senin (26/7/2021).

Baca Juga: Keluh Pedagang Pasar Omzet Turun, dari Rp4 Juta Kini Raup Rp2 Juta

Mendag memaparkan, pasar di Jawa Barat juga boleh buka hingga pukul 8 malam dengan kapasitas 50%. Tapi, khusus di Kota Bandung, jam operasionalnya adalah mulai Pukul 4 pagi hingga 10 pagi.

Sedangkan di Bogor, pasar dibolehkan buka pukul 5 pagi hingga 4 sore. Sementara di Jawa Tengah, pasar buka hingga pukul 8 malam dengan kapasitas pengunjung 50%. Tetapi, khusus di Banyumas, pembukaan pasar dimulai pukul 5 pagi hingga jam 2 siang. Di Cilacap mulai pukul 5 pagi hingga 2 siang dan Surakarta mulai pukul 5 pagi hingga jam 5 sore. Lalu di Tegal, pasar diperbolehkan buka pukul 5 pagi hingga jam 1 siang.

Baca Juga: Curhat Pedagang: Pasar Sepi, Pendapatan Turun

Sementara di Jawa Timur, maksimal pasar buka hingga jam 8 malam dengan kapasitas 50%. Di malang jam operasional pasar dimulai pukul 6 pagi hingga 11 siang, dan di Probolinggo pasar buka pada pukul 5 pagi hingga 4 sore.

Sementara di Bali, Banten, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, pasar diperbolehkan buka hingga jam 8 malam dengan kapasitas pengunjung 50%.

"Toko kelontong, agen, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, cucian kendaraan, dan usaha kecil juga boleh buka sampe jam 9 malam," ujar Mendag Lutfi.

Sementara untuk warung makan, juga diperbolehkan buka sampai jam 8 malam dengan maksimal kunjungan adalah 20 menit dan tidak boleh lebih dari tiga orang.

"Memang kita masih mengalami pembatasan, tapi kita harap ini dapat membantu daripada pergerakan ekonomi di pasar-pasar dan warung-warung di Jawa dan Bali," ujar Mendag Lutfi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini