Transaksi Pasar Modal pada 9 Agustus 2021 Dikonversi Jadi Dana Penanganan Covid-19

Anggie Ariesta, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 278 2450720 transaksi-pasar-modal-pada-9-agustus-2021-dikonversi-jadi-dana-penanganan-covid-19-AkshHmkpkW.jpg Transaksi Pasar Modal Dikonversi Jadi Dana Penanganan Covid-19. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Gabungan Self-Regulatory Organization (SRO) yakni PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) siap membantu penanganan virus corona. SRO pun mengajak investor berkontribusi langsung maupun tidak langsung dalam penanggulangan Covid-19.

Ketua Panitia HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia yang juga Direktur KSEI Syafruddin mengatakan, seluruh pendapatan SRO dari transaksi pasar modal Indonesia yang dilakukan investor pada Senin 9 Agustus 2021 akan dikonversi menjadi dana kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) kegiatan sosial tersebut.

Baca Juga: Ingin Melek Pasar Modal? Ikuti Webinar MNC Asset-AIESEC UI Besok, Daftar di Link Ini!

"Jadi partisipasi aktif secara langsung maupun tidak lansgung dari investor pasar modal nanti bisa dilakukan dalam bentuk alokasi dari segi transaksi tanggal 9 Agustus yang kita konversi ke dana CSR dalam bentuk kegiatan tadi. Makin aktif investor bertransaksi, makin besar dana yang bisa terkumpul untuk di tanggal 9 Agustus," katanya dalam program Market Review IDX Channel, Jakarta, Rabu (4/8/2021).

Menurut Syafruddin, investor pasar modal saat ini ada peningkatan investor lokal yang tinggi dan nilai transaksi meningkat dengan porsi lokal yang juga tinggi.

Baca Juga: Penjelasan BEI soal Aturan Hak Saham Suara untuk IPO Unicorn

Maka itu, SRO juga mengajak pelaku pasar modal seperti perusahaan efek, bank kustodian, perusahaan penerbit efek, manajer investasi, agen penjual efek reksa dana, bank pembayaran hingga bank Administrator Rekening Dana Nasabah (RDN) serta lainnya, untuk ikut serta berkontribusi pada kegiatan CSR ini.

Bentuk donasi dari pelaku Pasar Modal Indonesia dapat berupa uang tunai maupun barang yang nantinya akan disalurkan oleh SRO dalam bentuk kegiatan CSR.

"Kita ajak berpartisipasi harapan nya bisa menambah jumlah yang bisa terkumpul, kita kan buka sumbangan kalau memang berkenan dalam bentuk dana atau barang nanti ita gabungkan dan salurkan dalam kegiatan yang sudah berjalan," jelas dia.

Kegiatan CSR lainnya, ada vaksinasi, santunan kepada ahli waris tenaga kesehatan yang meninggal karena Covid-19, bekerjasama dengan Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) DKI Jakarta. Selain itu, terdapat dukungan program Gerakan Oksigen Untuk Indonesia yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan, dan bantuan perlengkapan untuk Rumah Sakit Covid-19 Darurat Wisma Haji.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini