Pertanian Berkontribusi Besar pada Pertumbuhan Ekonomi, Mentan: Semangat Tani Kita

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Kamis 05 Agustus 2021 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 05 320 2451571 pertanian-berkontribusi-besar-pada-pertumbuhan-ekonomi-mentan-semangat-tani-kita-NfVcMVr4Ob.jpg Pertanian Jadi Penopang Ekonomi Selama Pandemi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, sektor pertanian menyumbangkan 12,9% terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal II-2021. Menurut Mentan, budidaya dan produtivitas pertanian dari kuartal ke kuartal tidak pernah mengalami penurunan.

"Kini penting untuk diketahui bahwa kita cukup terjaga dengan baik, semangat tani kita cukup baik. Koordinasi sesuai perintah Bapak Presiden sampai ke tinggat Bupati, Gubernur, cukup berjalan dengan baik," ujar Mentan, konferensi persnya, Kamis (5/8/2021).

Baca Juga: Fakta Mengejutkan, PHK Lahirkan Petani hingga Peternak Baru Selama Covid-19

Mentan mengatakan, jika sektor pertanian mengalami kemunduran, biasanya hal itu terkait selesainya masa panen, dan menunggu musim tanam.

"Jika terjadi penurunan itu karena kita sudah selesai panen, musim tanam satu dan kita mulai masuk musim tanam dua mulai juli sampai desember, dan itu akan naik seperti apa yang ada," ujarnya.

Baca Juga: Menko Airlangga: Penguatan Sektor Pertanian untuk Ketahanan Pangan dan Kesejahteraan Petani

Untuk memacu perdagangan lebih optimal, dan menyambut Musim Tanam (MT) II, Mentan sedang mengembangkan koperasi-koperasi pertanian untuk mendapatkan skala ekonomi yang terjaga dan margin petani yang lebih baik.

"Untuk petani yang lebih baik, maka koperasi pertanian harus dilakukan pada semua daerah terutama daerah penunjang, baik penunjang ekspor mau pun penunjang ketahanan pangan utama," tuturnya.

Menurutnya, Kementan sudah melakukan maping untuk meklasifikasikan daerah-daerah penunjang, hingga daerah defisit.

"Jadi ada daerah-daerah dalam maping yang sudah kami lakukan, yang mana daerah sentral, mana daerah penunjang, yang mana daerah defisit, dan kami akan bermain di sektor itu," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini