Share

Soal Beras Bansos Tak Layak Konsumsi, Buwas: Tidak Ada Niatan Bulog Mengecewakan Warga

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 10 Agustus 2021 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 10 320 2453472 soal-beras-bansos-tak-layak-konsumsi-buwas-tidak-ada-niatan-bulog-mengecewakan-warga-mR4ZuJejdu.jpg Beras Bansos Basah dan Menggumpal (Foto: Dokumentasi Bulog)

JAKARTA - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso atau Buwas angkat bicara mengenai kasus beras bansos yang tidak layak konsumsi. Di beberapa daerah ditemukan beras yang menggumpal hingga sudah menguning.

Buwas pun menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat menyusul adanya insiden beras bansos yang tidak layak konsumsi. Kejadian tersebut terjadi di sejumlah daerah.

Baca Juga: Risma Tegaskan Beras Bansos yang Kualitas Buruk Langsung Diganti

Buwas menilai, pihaknya bekerja sungguh-sungguh tanpa ada kepentingan lain saat menerima amanah pemerintah untuk mendistribusikan beras bansos selama pemberlakuan PPKM Level 4.

“Kalaupun ada warga yang sempat menerima beras yang betul-betul berasal dari Bulog dengan kondisi tidak layak, kami, Perum Bulog meminta maaf dengan setulusnya," ujar Buwas, Selasa (10/8/2021).

Manajemen Bulog berkomitmen menyukseskan program beras bansos selama PPKM yang ditujukan untuk 28,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia. Beras tak layak konsumi sudah ditarik dan digantikan dengan beras kualitas baik.

Saat ini, Bulog terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Sosial selaku pemberi tugas, PT Pos Indonesia selaku transporter, pemerintah daerah, aparat kepolisian dan TNI, hingga Satgas Pangan.

Koordinasi tersebut untuk meningkatkan pengawasan, termasuk upaya menekan faktor-faktor yang berada di luar kendali manusia seperti cuaca maupun potensi kejahataan lainnya.

“Program bantuan beras PPKM adalah tugas yang diberikan negara melalui Kemensos dan Bulog. Kami berjuang agar pelaksanannya berjalan baik, lancar, tepat kualitas dan tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Tidak ada niatan dari Perum Bulog sama sekali untuk mengecewakan warga penerima bantuan beras PPKM. Sama sekali tidak pernah terlintas,” katanya.

Adapun realisasi penyaluran beras PPKM untuk tahap I untuk 20 juta KPM hampir mencapai 100 persen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini