Share

Mau Jadi CPNS Malah Ditipu Calo Rp200 Juta

Agregasi Solopos, Jurnalis · Rabu 11 Agustus 2021 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 11 320 2454015 mau-jadi-cpns-malah-ditipu-calo-rp200-juta-8vpXxE8Q4U.jpg Penipuan Calo CPNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Seorang warga Karanganyar, Supardi, menjadi korban penipuan calo CPNS. Dia membayar uang Rp200 juta demi anaknya bisa diterima sebagai CPNS.

Sebelumnya Polres Sukoharjo berhasil menangkap Joko Sudarwanto yang melakukan penipuan dengan menjanjikan seseorang bisa menjadi CPNS dengan membayar sejumlah uang. Mayoritas korbannya adalah warga Sukoharjo dan Karanganyar.

Baca Juga: Jadwal dan Kisi-Kisi SKD CPNS 2021, Cek di Sini

Supardi mengaku telah menyetorkan uang senilai Rp100 juta dari total permintaan Rp200 juta. Uang tersebut disetorkan sebanyak dua kali, yakni masing-masing senilai Rp15 juta dan terakhir Rp85 juta pada 2018 lalu.

Sementara sisanya Rp100 juta diserahkan setelah menerima Surat Keputusan (SK) CPNS. Uang ini diberikan sebagai syarat agar putranya bisa diterima sebagaimana yang dijanjikan sebagai CPNS di Kota Solo untuk perekrutan 2019 lalu.

โ€œUang saya serahkan melalui kenalan bernama Dul Gani warga Sukoharjo. Tapi ternyata dari Dul Gani ini uang disetorkan lagi ke pelaku Joko Sudarmawan yang bisa memasukkan anak saya menjadi CPNS,โ€ kata dia dilansir dari Solopos.

Baca Juga: Pahami Aturan Ini agar Lolos SKD CPNS 2021

Namun hingga penerimaan CPNS 2019, putranya tak juga diterima sebagai CPNS Kota Solo sebagaimana yang dijanjikan. Dirinya lantas menanyakan nasib putranya tersebut namun tak membuahkan hasil. Bahkan korban penipuan CPNS ini tak hanya dialaminya, melainkan ada banyak korban lain.

Para korban tersebut tersebar di sejumlah daerah, bahkan beberapa berasal dari luar Pulau Jawa. Sama seperti dirinya, para korban dijanjikan bisa diterima masuk CPNS dengan menyetorkan sejumlah uang. โ€œKami hanya berharap uangnya yang sudah disetorkan bisa kembali,โ€ harapnya.

(kmj)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini