Siapkan 1,5 Juta Dosis, Menko Airlangga Tingkatkan Vaksinasi di Lampung

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 320 2455130 siapkan-1-5-juta-dosis-menko-airlangga-tingkatkan-vaksinasi-di-lampung-eqM91vbtkg.jpg Menko Airlangga Tingkatkan Vaksinasi di Lampung. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ingin meningkatkan akselerasi vaksin di Provinsi Lampung. Dirinya pun berdiskusi dan mendengarkan aspirasi seputar penanganan Covid-19 yang disampaikan oleh Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi.

Airlangga mengatakan bahwa pemerintah berkomitmen untuk pemulihan kesehatan di Lampung. Terlebih, saat ini Lampung menjadi provinsi yang angka vaksinasinya masih di bawah nasional.

"Angka vaksinasi di Lampung masih di bawah nasional. Sesuai apa yang disampaikan Pak Gubernur, Lampung masuk ke dalam level 4. Jadi level 4 ini akan diberikan akselesasi dan prioritas utama untuk diberikan vaksin," jelas Airlangga Hartarto, Jumat (13/8/201).

Baca Juga: Luhut Cek Anomali Kasus Covid-19 di Bali, Vaksin Tinggi tapi Angka Kematian Mengkhawatirkan

Dirinya mengupayakan supaya level vaksin di Lampung setara dengan level nasional. Oleh karena itu, pemerintah pusat akan mengirimkan tambahan vaksin sebanyak 1,5 juta dosis.

Mengenai tracing, Airlangga menjelaskan Lampung juga masih di bawah instruksi Mendagri. Dirinya meminta untuk terus mengejar angka tracing, mengingat pentingnya tracing untuk memutus mata rantai penyebaran.

Baca Juga: Menko Airlangga Evaluasi Penerapan PPKM Level 4 di Kalimantan, Begini Hasilnya

"Ini tentunya menjadi pembahasan, ini akan diminta kepada pemerintah daerah untuk terus mengkonsolidasikan data dan mengecek, agar data tersebut sesuai dengan keadaan sesungguhnya," jelas Airlangga.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) tersebut mengatakan arahan presiden untuk melaksanakan isolasi terpusat (isoter) di Kapal Pelni. Dirinya menjelaskan, penggunaan Kapal Pelni sebagai lokasi isolasi terpusat merupakan hal yang tepat, karena sesuai dengan kondisi geografis Lampung.

"Tadi diperjelas bahwa kapal-kapal itu bersandar di pelabuhan. Karena Lampung mempunyai pelabuhan panjang yang ideal, ini juga menjadi lokasi isoter yang bisa dibantu oleh pemerintah pusat," kata Airlangga.

Sebelumnya, Airlangga bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, melakukan pengecekan ke Posko Negara Ratu, Lampung Selatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini