Gedung Kementerian Bakal Disewakan untuk Danai Proyek Ibu Kota Baru

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 03 September 2021 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 03 470 2465578 gedung-kementerian-bakal-disewakan-untuk-danai-proyek-ibu-kota-baru-R1Glv9CVsn.jpg Gedung Kementerian Bakal Disewakan (Foto: Okezone)

JAKARTA – Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Rionald Silaban tengah melakukan pemetaan aset-aset yang bisa menghasilkan uang. Ini bertujuan agar bisa membiayai rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN).

Hal ini dikarenakan, Komisi XI DPR RI menyoroti adanya kabar kantor-kantor kementerian akan disewakan. Hal ini pun dikaitkan dengan rencana pemerintah untuk pindak ke Ibu Kota Negara (IKN) baru ada di Kalimantan.

"Saat ini memang baru dilakukan pemetaan terhadap aset mana yang dapat dimonetisasi guna pembiayaan IKN baru," ujar Rionald di Jakarta, Jumat (3/9/2021).

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Proyek Ibu Kota Baru Butuh 20 Tahun hingga Boyong PNS

Dia menjelaskan, untuk mencari tambahan anggaran melalui aset yang dimiliki pemerintah bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, melalui pemanfaatan dan kedua melalui pemindahtanganan.

Baca Juga: PNS Pindah ke Ibu Kota Baru, Anggarannya Rp52,7 Miliar

Serta memetakan, instansi mana yang akan pindah terlebih dahulu ke IKN baru. Dengan demikian, gedungnya bisa mulai ditawarkan untuk mendapatkan dana.

"Namun semua tergantung sikon instansi mana yang lebih dulu akan pindah ke IKN baru, sehingga nanti kita bisa memiliki rencana monetisasi," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini