10 Bisnis Minuman Kekinian

Hafid Fuad, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 455 2467617 10-bisnis-minuman-kekinian-1wyc7eLIKM.jpg 10 Bisnis Minuman Kekinian. (Foto: Okezone.com/Newyorktour)

JAKARTA - 10 bisnis minuman kekinian bisa menjadi salah satu pilihan yang digeluti saat ini. Pasalnya, tren penjualan minuman masih memberi keuntungan dalam bisnis.

Tren minuman kekinian selalu berganti-ganti. Tidak jarang resep lama didaur ulang kembali untuk menjaga konsumen terus tertarik belanja. Terlebih lagi masa pandemi seperti ini ada begitu banyak penjual minuman yang menggantungkan keuntungan dari tren minuman yang viral.

Sehingga wajar bila banyak yang berbagi resep minuman di media sosial ala koki dadakan selama di rumah. Tujuannya agar muncul tren baru yang laris di tengah masyarakat.

Sementara kebiasaan para konsumen minuman juga bervariasi. Namun sebagian orang berhasil meraih keuntungan dari minuman-minuman tersebut.

Baca Juga: Peluang Bisnis Teh Tarik

Gaya konsumen pun bermacam-macam, ada yang takut ketinggalan tren, tapi juga ada yang tidak terpengaruh alias sesuai kebutuhannya saja. Berikut 10 menu minuman kekinian yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Minuman Boba

Minuman yang masih ramai dicari hingga kini adalah minuman Boba, atau juga disebut Bubble Tea. Boba terbuat dari tepung tapioka, teksturnya kenyal, manis, dan warnanya cokelat kehitaman. Sedangkan Bubble Tea atau Teh Susu Mutiara adalah minuman teh dikombinasikan dengan susu dan boba.

Bubble Tea disebut pertama kali dibuat oleh kedai teh tradisional di Taiwan. Pada awalnya Bubble Tea dibuat memakai teh hitam. Tapi, seiring berjalannya waktu, mulai muncul inovasi baru racikan Bubble Tea dengan jenis teh lain, misalnya melati, hijau, oolong, matcha, earl grey, dan teh buah.

Variannya kini sangat beragam, mulai dari cokelat, matcha, taro, puding mangga, strawberry, mangga, semangka, taro, cokelat, karamel, dan bubble gum.

Beberapa kedai minuman seperti Chatime bahkan berinovasi mengganti boba dengan pearl, yaitu sejenis boba namun ukurannya lebih kecil.

2. Thai Tea

Thai Tea masuk kategori laris di segmen milenial. Cita rasanya yang manis, segar, dan beraroma khas membuatnya cukup digemari oleh banyak orang. Warung minuman Thai Tea ramai buka dimana mana. Karena untuk membuat minuman creamy ini juga sangatlah mudah.

3. Es Kopi Susu Gula Aren

Es Kopi Susu menjadi minuman kekinian ternama untuk anak muda. Mulai dari pekerja kantoran hingga usia mahasiswa. Rasanya pahit dari kopi, manis, dan dingin memunculkan sensasi enak menyegarkan. Tidak heran, jika banyak orang menyukainya, apalagi harganya murah terjangkau.

Baca Juga: Peluang Usaha Bir Pletok

Salah satu jenis yang saat ini digemari kawula muda ialah es kopi susu gula aren. Kombinasi antara kopi, susu, dan gula aren menjadikan minuman ini enak dan segar. Tak heran, jika saat ini banyak warung kopi yang menyediakan minuman ini.

4. Alpukat Kocok

Di antara tren kopi dan teh, ternyata juga ada minuman kekinian yang memakai bahan baku buah, Alpukat Kocok. Sesuai namanya, minuman ini dibuat dengan cara “mengkocok” buah alpukat dan tidak sampai halus. Kemudian ditambahkan es serut, susu kental manis, dan gula merah.

Cita rasanya enak karena manis dan segar. Bahkan cocok disantap pelepas dahaga pada saat siang hari maupun dijadikan menu buka puasa.

5. Es Kopi Susu Regal

Biskuit regal untuk minuman dan dessert juga jadi tren masif. Regal bisa buat isi ataupun topping minuman kekinian. Cita rasanya yang manis, gurih, dan beraroma susu, membuat regal sangat cocok dicampur dengan olahan kopi susu, teh, teh susu, es susu, serta minuman lainnya.

6. Es Cappucino Cincau

Minuman Es Cappucino Cincau cukup menyita perhatian publik. Pasalnya, minuman ini cukup mudah dibuat, alat dan bahannya pun mudah didapat. Apalagi cita rasanya sungguh enak, perpaduan manis, dingin, dan kenyalnya cincau bikin nagih.

7. King Mango

Selain Thai Tea, ada satu lagi minuman kekinian dari Thailand yaitu Smoothie Mangga atau sering disebut King Mango.

Minuman jus ala Thailand ini memakai bahan baku utama buah mangga dan whipped cream. Cita rasanya begitu segar dengan tekstur kental lembut. Sangat cocok diminum ketika cuaca panas siang hari.

8. Mojito

Mojito sebenarnya adalah minuman beralkohol yang berasal dari Kuba. Mojito adalah lambang koktail yang menyegarkan, bahan-bahannya umumnya yaitu rum, jus jeruk nipis, gula, air soda, dan mint.

Setiap bahan tampaknya dipilih secara khusus untuk menyembuhkan rasa haus yang disebabkan oleh cuaca panas, yang bergantian memunculkan rasa manis, asam, mint, dan bersoda.

Minuman bajak laut ini dibuat dengan spearmint Kuba, tebu, jeruk nipis, dan tafia, pendahulu rum yang primitif. Minuman ini disajikan di Kuba selama berabad-abad, di mana ia berkembang menjadi Mojito modern yang kita kenal sekarang.

Di Indonesia, mojito diadopsi dan dikreasikan dengan tanpa menambahkan alkohol di beberapa restoran. Tidak hanya itu, mojito juga kerap ditambahkan dengan buah-buahan tropis khas Indonesia.

9. Dalgona Matcha

Selain kopi, dalgona matcha jadi alternatif buat yang tidak suka kopi. Terbuat dari foam matcha dan susu full cream. Minuman ini bisa disajikan dalam kondisi dingin dan panas.

Bahan baku yang digunakan dalam pembuatannya cenderung sama dengan versi kopi. Namun, padanannya menjadi pembeda dengan menu minuman lainnya. Tampilannya yang putih dengan kombinasi kopi yang dikocok lembut pada bagian atasnya membuat menu itu menarik. Tidak hanya tampilannya, tapi rasanya juga sangat lezat.

10. Empon-empon

Minuman tradisional empon empon juga sempat viral karena disebut sebagai minuman penangkal virus corona. Minuman tradisional ini terbuat dari dari jahe, temulawak, kunyit, serai, dan kencur

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini