Erick Thohir Gandeng Menperin Tingkatkan TKDN BUMN hingga UMKM

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Kamis 09 September 2021 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 09 320 2468643 erick-thohir-gandeng-menperin-tingkatkan-tkdn-bumn-hingga-umkm-Q1yv1tGyRV.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah terus menggenjot penyerapan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) perusahaan pelat merah dan UMK Mitra Binaan BUMN. Saat ini, Kementerian BUMN dan Kementerian Perindustrian melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) dalam ekosistem tersebut.

Menteri BUMN, Erick Thohir memastikan kerja sama dengan Kementerian Perindustrian akan memperkuat TKDN perusahaan negara UMK Mitra Binaan BUMN.

"Jadi tentu dukungan yang diberikan Kementerian Perindustrian pada kita ini harus sangat diapresiasi. Ini memperbaiki ekosistem kita dengan tadi, sertifikasi TKDN untuk UMKM, luar biasa," ujar Erick dalam peluncuran Peningkatan Mutu Sistem Pengadaan BUMN, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Erick Thohir Tunjuk Bobby Sumardiat Atmosudirjo Jadi Direktur Utama Barata Indonesia

Pemegang saham juga memastikan program MoU signing dengan Kementerian Perindustrian tidak membuat perusahaan negara menjadi menara gading. Menurut Erick, sudah waktunya bisnis BUMN dan pelaku usaha makro saling menguatkan.

Baca Juga: Masyarakat Bakal Bisa Lihat Utang dan Laba BUMN

"Sebagai laporan Pak Agus (Menteri Perindustrian), alhamdulillah kita sudah membuat seperti sistem marketplace versi BUMN. Yang diawali bagaimana kami semua di BUMN baik Komisaris, Direksi kita bicara dari hati ke hati bahwa sudah tidak waktunya, tidak layaknya, bukan lagi situasinya BUMN ini menjadi menara gading," ungkapnya.

Dalam berbagai kesempatan, Erick kerap mengingatkan kepada perusahaan pelat merah bahwa UMKM bukanlah pesaing. Justru mereka sebagai mitra bisnis.

Integrasi keduanya memberikan dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Dimana, kinerja UMKM bergantung pada pendapatan perusahaan.

Saat ini, Kementerian BUMN juga resmi menerbitkan digitalisasi Procurement sebagai centralized tender information board hingga launching e-Procurement Academy BUMN

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini