Share

Mulai Besok Naik KRL Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 320 2469470 mulai-besok-naik-krl-wajib-tunjukkan-sertifikat-vaksin-JPcTiV9yjM.jpg Naik KRL Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – PT KAI Commuter resmi memberlakukan syarat perjalanan kereta rel listrik (KRL) menggunakan sertifikat vaksin pada 11 September 2021 besok. Maka itu, Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) atau surat keterangan lainnya sudah tidak berlaku lagi.

"Besok seluruh pengguna KRL diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama. Pemberlakuan STRP, surat keterangan dari instansi atau perusahaan, maupun dokumen lainnya sudah tidak berlaku lagi,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba kepada MNC Portal Indonesia dalam pesan singkat, Jumat (10/9/2021).

Dalam pemeriksaan di stasiun, kata Anne, pengguna KRL bisa menunjukkan sertifikat vaksin dalam bentuk cetak, digital, maupun melalui scan kode QR dengan aplikasi Peduli Lindungi. Kemudian, petugas akan meminta pengguna KRL menunjukkan KTP atau identitas lainnya. Tujuannya adalah untuk mencocokkan dengan sertifikat vaksin.

Baca Juga: Penumpang KRL Wajib Bawa Sertifikat Vaksin Mulai Hari Ini

“Saat pengguna KRL tiba di stasiun diharapkan sudah mempersiapkan sertifikat vaksin dengan kartu identitas sehingga petugas di lapangan dengan mudah melakukan pemeriksaan,” imbuhnya.

Sementara, bagi para pengguna yang belum divaksin karena alasan medis misalnya para penyintas Covid-19 dapat menunjukkan surat keterangan resmi dari dokter di Puskesmas maupun Rumah Sakit mengenai kondisinya.

Baca Juga: Sertifikat Vaksin Jadi Syarat Pengguna KRL, Jumlah Penumpang Stabil

Demikian juga bagi pelajar yang hendak melakukan pembelajaran tatap muka dan belum bisa divaksin, dapat menggunakan surat keterangan dari sekolah.

Anne menambahkan saat ini pelayanan skrining dengan aplikasi PeduliLindungi belum merata tersedia di semua stasiun. Adapun beberapa stasiun yang belum bisa melayani dengan aplikasi tersebut yakni Stasiun Duri, Stasiun Cilebut, Stasiun UI, dan Stasiun Sawah Besar serta seluruh stasiun di wilayah KRL Yogyakarta - Solo, dan Kutoarjo.

Untuk diketahui, sertifikat vaksin sebagai syarat menggunakan KRL berlaku untuk KRL Commuter Line Jabodetabek, KRL Yogyakarta – Solo, KA Prambanan Ekspres (Kutoarjo – Yogyakarta PP), dan KA Lokal yang dioperasikan oleh KAI Commuter.

Meski terdapat sejumlah penyesuaian syarat perjalanan, aturan tambahan yang ada selama masa pandemi ini juga tetap berlaku seperti tidak berbicara saat berada di dalam kereta, lansia dan pengguna dengan barang bawaan yang besar hanya diizinkan menggunakan KRL pada pukul 10:00 – 14:00 atau di luar jam-jam sibuk, serta anak Balita sementara belum diizinkan naik KRL.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini