Pergerakan IHSG Dibayangi Aksi The Fed hingga PPKM

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Selasa 14 September 2021 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 278 2470977 pergerakan-ihsg-dibayangi-aksi-the-fed-hingga-ppkm-6IV2CMbPsA.jpg IHSG Menguat (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali bergerak menguat pada perdagangan hari ini. Sempat melemah seharian pada perdagangan kemarin, kini IHSG nyaman di zona hijau.

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, pergerakan IHSG masih dipengaruhi sentimen dari luar dan dalam negeri. Dari luar negeri, para pelaku pasar akan mencermati inflasi di Amerika Serikat.

“Pelaku pasar tentunya juga akan mencermati ya, misalkan terkait dengan kinerja inflasi di AS itupun bisa dikatakan sebagai petunjuk bagi para pelaku pasar dalam hal kapan The Fed akan mengumumkan kebijakan taperingnya,” ujar dia dalam Power Breakfast IDX Channel, Jakarta, Selasa (14/9/2021).

Sementara dari dalam negeri, para pelaku pasar mencermati dilanjutkannya kebijakan PPKM berlevel di sejumlah daerah. Di mana, dalam pelaksanaannya pemerintah memberikan berbagai pelonggaran.

“Misalkan kalau PPKM diperpanjang hingga 20 September, tapi pelonggaran-pelonggaran yang memang bisa memberikan arti bagi sektor untuk recovery. Adapun di sektor ritel dan sektor consumer bisa pulih. Bahkan bioskop pun saya pikir ini sudah diberikan kemudahan akses dengan kapasitas 50%,” kata Nafan.

Lebih lanjut, Nafan menuturkan, para pelaku pasar di dalam negeri juga sedang menanti terakit neraca perdagangan. Menurutnya, neraca perdagangan berpotensi surplus.

“Neraca perdagangan memang sebenarnya untuk versi kami memang masih berpotensi surplus ya, sehingga bisa membuat kinerja perdagangan bisa menciptakan rekor tren surplusnya. Sehingga, saya pikir ini tentunya bisa mewarnai dinamika pergerakan IHSG apalagi untuk hari ini ya kalau menurut saya,” katanya.

Nafan kemudian juga merekomendasikan beberapa saham pilihan yang bisa menjadi pertimbangan para investor. Saham-saham tersebut yaitu, ABBA, AGRO, BFIN, dan ELSA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini