Neraca Dagang Indonesia Surplus Cetak Rekor Sepanjang Sejarah, Pengusaha: Kabar Baik

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Kamis 16 September 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 320 2472204 neraca-dagang-indonesia-surplus-cetak-rekor-sepanjang-sejarah-pengusaha-kabar-baik-eUrzdABjsJ.jpg Surplus Neraca Perdagangan. (Foto: Okezone/Pelindo)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia surplus USD4,74 miliar pada Agustus 2021 atau lebih besar dibanding Juli 2021. Adapun nilai ekspor pada Agustus 2021 sebesar USD21,42 miliar atau menjadi rekor tertinggi sejak Agustus 2011.

Menanggapi capaian tersebut, Ketua Umum Bidang Perdagangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Benny Soetrisno menilai, surplus neraca dagang dan mencetak rekor sepanjang tahun 2021 menjadi sesuatu hal yang sangat bahagia.

Baca Juga: 5 Fakta Neraca Perdagangan Indonesia Surplus, Ekspor Tertinggi sejak 2011

"Kita tentu sangat bergembira sekali ada kabar baik di tengah pandemi Covd-19 di masa pandemi tapi kita malah bisa cetak rekor neraca perdagangan kita dan surplus USD4,74 miliar," kata Benny dalam program Market Review IDX Channel, Kamis (16/9/2021)

Oleh karena itu, Benny menegaskan bahwa surplus neraca perdagangan harus dijaga dan dipertahankan untuk meningkatkan pundi-pundi devisa negara Republik Indonesia.

Baca Juga: Neraca Perdagangan Surplus, Menko Airlangga: Akibat Membaiknya Permintaan Ekonomi

"Saya rasa untuk faktor pendukungnya juga dari impor dan ekspor dan Mungkin juga setiap negara atau negara lain juga cukup tinggi kalau tidak salah hampir 150, hal ini juga menunjukan dari sisi komoditas atau produk yang diperdagangkan secara internasional yang ada exchangenya ada bursanya memang harga satuannya naik, CFO naik terus kemudian batu bara naik, yang tidak naik nikel dan emas," ungkapnya.

Meski demikian, dirinya berharap ekspansi dan pembukaan pasar baru yang diinisiasi oleh Kementerian Perdagangan tak hanya Amerika,China, Jepang atau Eropa tapi Afrika dan Amerika latin demi mempertahankan surplus neraca dagang di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini