Berjiwa Entrepreneur, Milenial Bisa Manfaatkan Peluang di Tengah Pandemi

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Kamis 16 September 2021 17:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 16 455 2472506 berjiwa-entrepreneur-milenial-bisa-manfaatkan-peluang-di-tengah-pandemi-O62THJpa3b.jpg Milenial Harus Punya Jiwa Entreprenuer. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menilai Generasi Z atau milenial harus punya jiwa entrepreneur. Hal ini sangat penting karena dunia bergerak dengan cepat dan harus disikapi dengan sikap yang tepat.

"Perubahan terjadi cepat sekali. Pasti akan memunculkan tantangan-tantangan baru. Dan setiap tantangan pasti akan menciptakan peluang baru juga. Nah, hanya millenial yang berjiwa entrepreneur yang bisa melihat dan memanfaatkan peluang itu," ujar Wamendag, Kamis (16/9/2021). .

Baca Juga: Punya Tanaman Sultan Rp225 Juta, Begini Cara Rawatnya

Teknologi-teknologi baru tercipta sehingga pekerjaan-pekerjaan lama mulai digantikan oleh mesin bahkan robot. Sementara teknologi informasi makin terintegrasi dengan kehidupan manusia.

Menurut Wamendag itu menuntut perubahan paradigma dan mindset manusia agar bersikap sesuai dengan keadaan yang ada.

Baca Juga: 15 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Wamendag sendiri mengaku senang dengan semangat generasi muda yang makin banyak yang berjiwa entrepreneur.

"Saya sudah berkeliling Indonesia. Dari situ saya temukan bahwa jiwa dan semangat entrepreneur anak muda luar biasa. Ada yang berkecimpung di dunia teknologi, entertainment hingga pertanian, perkebunan, kemaritiman dan lain-lain," tutur Jerry.

Besarnya jiwa entrepreneur anak muda ini sangat menguntungkan Indonesia. Dari sisi perdagangan banyak anak muda yang sudah menjadi pelaku bahkan hingga ekspor. Yang lebih mengagumkan, kata Jerry, banyak anak muda yang menciptakan produk-produk baru yang belum ada sebelumnya di Indonesia.

"Termasuk di bidang teknologi informasi dan digital. Mereka banyak yang bikin aplikasi, alat simulasi hingga game online dan bahkan crypto," ujarnya.

Kreatifitas ini akan berdampak pada dua hal: pertama, ini akan meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia. Hal ini karena teknologi yang diciptakan anak muda bukan hanya memperkaya produk tetapi meningjatkan efisiensi produksi. Kedua, ini akan mendorong transformasi ekonomi Indonesia.

"Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi yaitu menuju ekonomi dan industri 4.0 atau bahkan 5.0. Nah ini ternyata yang ada di garda depannya anak muda," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini