3 Kesepakatan Perdagangan dan Investasi RI-Australia, Menguntungkan?

Anggie Ariesta, Jurnalis · Kamis 30 September 2021 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 30 320 2479447 3-kesepakatan-perdagangan-dan-investasi-ri-australia-menguntungkan-2lM0zVq8ns.jpg Kerjasama Indonesia-Australia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menerima kunjungan Menteri Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Australia Daniel Thomas Tehan pada 29 September 2021 di Jakarta. Pertemuan sangat strategis karena Indonesia adalah negara pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara yang dikunjungi dalam rangka perjalanan dinas Menteri Tehan ke luar negeri.

Pertemuan itu membuat Indonesia dan Australia sepakat untuk meningkatkan implementasi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership (IA-CEPA), khususnya pada sektor pendidikan, agribisnis, makanan dan minuman, kesehatan serta energi.

"Tujuan utama kunjungan adalah untuk mempererat hubungan kerjasama ekonomi Indonesia dan Australia terutama dalam hal perdagangan dan investasi, baik secara G to G maupun B to B," ujar Mendag Lutfi dalam Konferensi Pers Kemendag secara virtual, Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Baca Juga: Mendag Pede Perdagangan RI-Australia Kembali Bangkit

Pertemuan bilateral tersebut membahas isu terkait implementasi IA-CEPA maupun isu regional seperti ASEAN Australia New Zealand Free Trade Agreement (AANZFTA) dan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) serta isu dalam forum-forum internasional seperti di G20, APEC dan WTO 

Agenda para Mendag dilanjut dengan penyelenggaraan CEO Roundtable ke-1 sebagai tindak lanjut Joint Statement Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Scott Morrison pada 10 Februari 2021 di Canberra. Terakhir adalah pertemuan dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi.

Baca Juga: Catat! 3 Pengaruh Teknologi ke Pola Perdagangan Indonesia

Tiga poin penting pertemuan Mendag Lutfi dan Menteri Tehan terkait kerja sama antara lain:

1. Kedua negara bersepakat untuk meningkatkan perdagangan dan investasi melalui IA-CEPA, serta forum perjanjian regional seperti AANZFTA dan RCEP serta isu dalam forum-forum internasional seperti di G20, APEC dan WTO.

2. CEO Roundtable ke-1, Indonesia-Australia berkomitmen pada pemanfaatan peluang kerja sama sektor pendidikan, agribisnis, makanan dan minuman, kesehatan serta energi.

3. Kedua Menteri akan menghadiri forum tingkat menteri OECD dan WTO informal ministerial meeting di Paris, serta G20 trade and investment meeting di Sorrento, Italia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini