Ibu Rumah Tangga Ini Tinggalkan Wasiat Utang ke 27 Pinjol

Solopos.com, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 22:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 622 2481253 ibu-rumah-tangga-ini-tinggalkan-wasiat-utang-ke-27-pinjol-r8GLupfoSw.jpg Korban Pinjol Ilegal (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTA - Keluarga menemukan sepucuk surat dan buku catatan tak lama setelah WI, perempuan 38 tahun warga Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, didapati meninggal dunia dalam kondisi tergantung di rumahnya, Sabtu (4/10/2021).

Surat yang diduga surat wasiat WI itu berisi permintaan maaf WI kepada suaminya karena meninggalkan aib keluarga. Wasiat disampaikan dalam bahasa Indonesia dan Jawa.

WI mengaku banyak utang dan meminta suaminya membayarnya. Selain itu dia meminta suaminya merawat kedua anak perempuan kembar mereka.

Baca Juga: 10 Pinjaman Online Langsung Cair dengan KTP

Sementara, buku catatan yang ditemukan berisi daftar operator pinjaman online (pinjol) yang diduga sebagai tempat WI berutang. Selain berisi daftar nama dan lembaga yang disebut WI tempat berutang.

Foto buku catatan dari ibu rumah tangga (IRT) yang diperoleh Solopos.com, Senin (4/10/2021), tersebut berisi daftar 27 operator pinjol yang disertai informasi nominal pinjaman dan tanggal jatuh tempo. Nominal utang Rp1,6 juta hingga Rp3 juta/operator pinjol.

Baca Juga: OJK Tutup 425 Investasi Bodong dan 1.500 Pinjol Ilegal

Total utang di operator pinjol yang tercatat di buku itu senilai Rp55,3 juta. Pinjaman di lima operator pinjol dicoret dan diberi keterangan lunas.

Selain itu terdapat daftar nama dan lembaga tempat WI berutang dilengkapi nominal dan nomor telepon. Buku tersebut juga berisi informasi uang WI diutang beberapa orang, informasi dana simpanan di bank, dan nomor rahasia atau personal identification number (PIN) anjungan tunai mandiri (ATM).

Atas bukti dan keterangan pihak keluarga polisi menduga WI meninggal dunia akibat bunuh diri dengan cara gantung diri. Motifnya putus asa karena menanggung banyak utang. Hal itu disampaikan Kapolsek Giriwoyo, Iptu Sumarwan, melalui keterangan tertulis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini