Mengejutkan! Punya Harta Rp3.000 Triliun, Jeff Bezos dan Elon Musk Miliarder Paling Pelit Sedunia

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 13 Oktober 2021 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 455 2485834 mengejutkan-punya-harta-rp3-000-triliun-jeff-bezos-dan-elon-musk-miliarder-paling-pelit-sedunia-uLkZVlZoHz.png Miliarder Paling Pelit Sedunia (Foto: Business Insider)

JAKARTA - Punya harta kekayaan hingga Rp3.000 triliun nyatanya tidak membuat miliarder sekaliber Jeff Bezos hingga Elon Musk mampu mengeluarkan sebagian hartanya untuk beramal.

Sebab, mereka berdua mendapat gelar miliarder paling pelit sedunia dalam sisi beramal.

Hal ini terungkap dalam data skor filantropi yang dikutip Forbes. Forbes memberikan skor filantropi dari 1 hingga 5, dengan skor 5 paling demawan.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kekayaan 400 Orang Terkaya AS Tembus Rp65.350 Triliun

Dikutip dari Forbes, berikut ini daftar miliarder Amerika berdasarkan skor filantropi, Jakarta, Rabu (13/10/2021).

1. Skor 1 atau yang telah memberikan donasi kurang dari 1 persen kekayaan, yakni pendiri Amazon Jeff Bezos, CEO Tesla Elon Musk, dan 154 orang lainnya.

2. Skor 2 atau yang telah memberikan 1 hingga 4,99 persen kekayaannya, yakni pendiri Facebook Mark Zuckerberg, pendiri Nike Phil Knight dan 114 orang lainnya.

3. Skor 3 atau yang telah memberikan 5 hingga 9,99 persen kekayaannya, yaitu pendiri e-Bay Pierre Omidyar, manajer hedge fund Jim Simons, dan 42 orang lainnya.

4. Skor 4 atau yang telah memberikan 10 hingga 19,99 persen kekayaannya, yaitu MacKenzie Scott, pendiri Bloomberg dan mantan Walikota New York City Michael Bloomberg, dan 9 orang lainnya.

5. Skor 5 atau yang telah memberikan 20 persen atau lebih kekayaannya, yakni Warren Buffett, George Soros, Gordon Moore, Julian Robertson Jr., Amos Hostetter Jr., Lyn Schusteman, John Arnold, dan T. Denny Sanford.

Sementara, Warren Buffett masih menjadi miliarder paling dermawan dalam daftar ini setelah mendonasikan saham Berkshire Hathaway senilai 4,1 miliar dolar AS pada Juni lalu, dan membuat total donasinya seumur hidup menjadi 44 miliar dolar AS atau Rp624,83 triliun.

Selain Buffett, miliarder Amerika yang paling dermawan di urutan 2 adalah George Soros. Selama hidupnya, dia telah mendistribusikan 16,8 miliar dolar AS untuk amal di seluruh dunia melalui Open Society Foundation. Sumbangan itu melampaui kekayaan bersihnya saat ini sebesar 8,6 miliar dolar AS.

Sementara mantan istri Jeff Bezos, MacKenzie Scott juga tercatat sebagai miliarder yang gemar beramal sejak mendapatkan miliaran dolar saham Amazon setelah bercerai pada 2019 lalu. Sejak Juli 2020, Scott telah memberikan donasi sebesar 8,6 miliar dolar AS kepada hampir 800 organisasi.

Jumlah donasinya mewakili 13 persen dari kekayaan bersihnya sebesar 58,5 miliar dolar AS. Ini membuatnya mendapat skor filantropi 4, menunjukkan dia telah memberikan 10 hingga 19,9 persen kekayaannya. Adapun miliarder termuda paling dermawan dalam daftar ini adalah mantan manajer hedge fund berusia 47 tahun John Arnold, yang yayasannya telah mendistribusikan 1,2 miliar AS dari kekayaannya yang jauh lebih kecil.

Filantropis lain paling terkenal di Amerika, Bill Gates dan Melinda French telah mendistribusikan lebih dari 30 miliar dolar AS kekayaannya melalui yayasan mereka. Sedangkan Bezos yang menjadi orang terkaya dalam Forbes 400 untuk empat kali berturut-turut hanya menerima skor 1.

Sekadar informasi, kekayaan kumulatif miliarder dalam daftar 400 orang Amerika terkaya tahun ini meningkat 40 persen menjadi USD4,5 triliun karena melonjaknya harga saham. Namun dari banyaknya miliarder tersebut, hanya ada beberapa yang sangat dermawan.

Forbes menambahkan nilai total amal seumur hidup setiap orang ke kekayaan bersih dalam Forbes 400 tahun ini dan membagi pemberian itu dengan angka tersebut.

Setiap skor sesuai dengan kisaran pemberian sebagai persentase dari kekayaan bersih seseorang. Namun yayasan swasta dan dana yang disarankan oleh donor tidak dihitung karena donasi itu secara efektif tetap berada di bawah kendali donor, dan datang dengan manfaat besar yang memungkinkan orang kaya menghindari membayar pajak.

Adapun jumlah miliarder yang mendapat skor tertinggi, yang menyumbangkan 20 persen atau lebih kekayaannya hanya delapan orang di tahun ini. Mayoritas dari daftar ini mendapat skor 1 atau memberikan kurang dari 1 persen kekayaan bersih mereka.

Jumlah miliarder yang mendapat skor 1 persen meningkat dari 127 menjadi 156 orang. Sedangkan jumlah penerima skor 2 hingga 5 menurun dibanding tahun lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini