Urutan Berkas Lamaran Pekerjaan agar Dilirik Perusahaan

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Rabu 13 Oktober 2021 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 622 2485541 urutan-berkas-lamaran-pekerjaan-agar-dilirik-perusahaan-NpIBVLQinD.jpg Urutan Berkas Lamaran Kerja. (foto: Okezone.com)

JAKARTA Lamaran pekerjaan harus dipersiapkan benar, sebelum dikirim ke perusahaan yang dituju. Pasalnya, berkas yang dikirimkan tersebut nantinya akan menjadi bahan pertimbangan HRD untuk menerima atau menolak pelamar.

“Berkas lamaran tentu sangat penting untuk disiapkan dahulu sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan ke suatu perusahaan,” tulis Kementerian Ketenagakerjaan, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: Asyik! Alumni Kartu Prakerja Dipermudah Cari Lowongan Kerja

Adapun urutan berkas lamaran pekerjaan merupakan hal paling dasar yang wajib diperhatikan. Di mana, masih banyak pelamar yang belum tepat dalam meletakkan urutan berkas lamaran. Lantas, bagaimana urutan berkas lamaran pekerjaan yang benar?

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, ada lima urutan berkas lamaran pekerjaan yang benar. Mulai dari daftar riwayat hidup (CV), hingga dokumen pelengkap.

Baca Juga: Palang Merah Indonesia Buka Lowongan Kerja, Cek Syaratnya

“Banyak dari pelamar kerja tidak menyadari atau malah meletakan berkas lamaran kerja secara acak. Berikut Minaker kasih info mengenai urutan berkas lamaran kerja yang perlu Rekanaker persiapkan sebelum dikirim ke perusahaan ya,” tulis Kementerian Ketenagakerjaan.

Berikut urutan berkas lamaran pekerjaan yang benar:

1. Daftar riwayat hidup (CV).

2. Surat lamaran kerja.

3. Portofolio.

4. Surat pengalaman kerja (Paklaring).

5. Dokumen pelengkap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini