Sri Mulyani Gelar 'Indonesian Idol' Cari Pemuda Paham APBN

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 22 Oktober 2021 09:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 320 2489945 siap-siap-indonesian-idol-special-season-sri-mulyani-dimulai-5VvQS280bw.jpg Kemenkeu Gelar Olimpiade APBN 2021. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Keuangan segera menggelar Lomba Debat APBN sebagai rangkaian kegiatan Olimpiade APBN 2021. Kegiatan ini merupakan upaya edukasi APBN untuk mendorong generasi muda berperan aktif pada kegiatan pembangunan dan pemulihan ekonomi nasional dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku ingin membuat lomba seperti mekanisme Indonesia Idol bagi pelajar untuk mengedukasi APBN.

"Saya minta kepada Bapak Isa dan Andin dibikin juara-juara di setiap kepulauan. Nanti dibuat Indonesia Idol, setiap tahun buat anak-anak. Jadi anak bisa melihat terus menerus mekanisme lihat kompetitif persaingan sehat dan semangat itu dipelihara sepanjang tahun dan kita lihat sepanjang tahun dan berhasil lulus," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga: Jurus Sri Mulyani Bikin PNS Kemenkeu Gesit hingga Efektif

Menurutnya, dengan ada kompetisi ini bisa melihat mekanisme kompetitif dan persaingan sehat para pelajar. Adapun, ini menunjukkan manfaat penggunaan APBN

"Anak-anak bisa melihat terus menrrus mekanisme lihat kompetitif persaiangan sehat dan semangat itu dipelihara sepanjang tahun dan kita lihat srpanjang tahun dan berhasil lulus," katanya.

Baca Juga: Duh! Mahasiswa Beasiswa LPDP Minta Lowongan Kerja ke Sri Mulyani

Senada yang sama, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Andin Hadiyanto mengatakan APBN menjadi instrumen kebijakan yang memiliki peran penting dalam pemulihan ekonomi nasional, terutama dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19. Peran serta masyarakat, khususnya mahasiswa, dibutuhkan untuk memberikan masukan terbaik dalam penyusunan dan pengelolaan APBN yang lebih baik.

“Indonesia mempunyai visi menjadi Indonesia Maju pada tahun 2045 atau 100 tahun pada saat peringatan Kemerdekaan Indonesia nanti. Hal ini hanya dapat dicapai salah satunya dengan melalui penyiapan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing. Untuk itu, penyiapan generasi muda saat ini menjadi suatu hal yang harus dan penting dilakukan. Para generasi muda akan menjadi tulang punggung bangsa Indonesia yang tidak hanya menggerakkan bidang ekonomi, namun juga di bidang sosial dan politik,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini