Share

Anak Usaha Adaro Energy Lepas 55% Saham Sarana Daya Mandiri

Selasa 26 Oktober 2021 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 278 2491861 anak-usaha-adaro-energy-lepas-55-saham-sarana-daya-mandiri-D3elXBVN42.jpg Anak Usaha Adaro Lepada 55% Saham. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - PT Alam Tri Abadi (ATA), anak usaha PT Adaro Energy Tbk (ADRO) melepas 2.750 lembar atau 55% saham PT Sarana Daya Mandiri (SDM). Saham Sarana Daya Mandiri dilepas kepada PT Sarana Mekar Pratama (SMP) yang tak lain merupakan entitas anak dari PT Adaro Logistics (AL).

Pada aksi korporasi tersebut, tercatat transaksi afiliasi senilai Rp62,94 miliar dan telah dilakukan pada 19 Oktober 2021 lalu. Perseroan mengungkapkan, transaksi itu dilakukan karena pilar bisnis logistik sangat penting bagi perseroan.

Baca Juga: Adaro Energy Buyback Saham hingga Rp4 Triliun, Cek Jadwalnya

Pilar tersebut membantu memastikan perseroan dapat memberi pasokan batubara andal bagi para pelanggan.

Di mana, pengembangan serta peningkatan keselarasan pada bisnis logistik dapat menjamin bahwa batu bara dikirimkan dengan aman, tepat waktu dan tidak terkontaminasi apapun di sepanjang rantai pasokan.

Baca Juga: Adaro Energy Siapkan Rp4 Triliun untuk Buyback Saham

Hal ini selain memberikan kendali penuh kepada perseroan terhadap kegiatan pengiriman batu bara, juga menghasilkan efisiensi biaya dan kontribusi keuangan.

Perseroan melalui AL, telah memusatkan pengelolaan dan koordinasi atas seluruh anak perusahaan yang menangani operasi logistik mulai dari angkutan tongkang batubara dan pemuatan kapal, pengerukan dan pemeliharaan alur sungai, dan bongkar muat, sampai ke bisnis terkait lainnya. Demikian dikutip dari Harian Neraca,

Sedangkan kegiatan operasional SDM adalah melakukan pengerukan di alur Sungai Barito memungkinkan alur untuk dapat dilalui dua arah selama 24 jam sehari. SDM juga mempertahankan lebar dan kedalaman alur sepanjang 15 km ini dengan melakukan pengerukan secara rutin supaya selalu aman untuk navigasi.

Oleh sebab itu, perseroan memutuskan untuk melakukan streamlining terhadap struktur organisasi pada pilar bisnis logistik dengan melakukan restrukturisasi pemegang saham dibawah pilar logistik melalui SMP dengan menempatkan SDM dibawah kendali AL sehingga pilar bisnis logistik memiliki keselarasan yang baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini