7 Cara Menjadi Dropshipper Sukses di Tahun 2021

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 320 2493246 7-cara-menjadi-dropshipper-sukses-di-tahun-2021-t9j9cg32na.jpg Cara Menjadi Dropshipper Sukses di Tahun 2021. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Cara menjadi dropshipper sukses di tahun 2021 sangat penting untuk diketahui. Apalagi bagi para pemula yang ingin mencoba menjalankan bisnis dropship.

Model bisnis dropship ini, penjual tidak perlu menyimpan stok produk tersebut, melainkan menyalurkannya langsung dari pemasok kepada pembeli.

Adapun cara sukses menjadi dropshipper, yang telah dikutip dari berbagai sumber, pada Kamis (28/10/2021) yaitu:

1. Memilih Jenis Produk dengan Pangsa Pasar Yang Luas

Menentukan jenis barang yang ingin dijual dan pastikan jenis barang tersebut memiliki pangsa pasar yang baik agar lingkup penjualan Anda semakin luas.

Baca Juga: Sempat Terpuruk, Pemuda Asal Bojonegoro Raup Cuan dari Bisnis Gitar Custom

Apabila sulit menentukan jenis barang yang ingin dijual, gunakan analisis SWOT untuk menentukan kelebihan, kekurangan, ancaman, dan peluang bisnis.

2. Memilih Penyedia Barang yang Tepat

Seorang dropshipper tidak ikut campur saat pengecekan kualitas barang dan proses pengiriman. Jadi, pastikan pemasok barang tersebut memiliki produk yang berkualitas dan handal dalam mengelola alur pengiriman barang.

Sebab, memilih supplier yang salah akan mempersulit bisnis Anda, karena semua tanggung jawab kualitas dan pengiriman barang ada di pemilik bisnis dropship, bukan pihak supplier.

3. Memberikan Nilai Jual Unik pada Produk

Untuk meningkatkan minat pembeli Anda dapat menambahkan nilai jual unik (unique selling point) terhadap produk tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal

Peningkatan nilai jual bisa dilakukan dari segi seperti pelayanan pelanggan, jaminan kualitas, gratis ongkos kirim, memberikan bonus produk, menawarkan diskon untuk pembelian selanjutnya, dan lainnya.

4. Membangun Brand dan Identitas Bisnis

Brand identity atau identitas merek sebagai pembeda dari brand lainnya. Sedangkan, tujuan membangun brand pada bisnis dropship berperan mengenalkan nilai dan visi dari usaha Anda.

Selain itu, membangun brand dan identitas bisnis berguna meningkatkan kesetiaan pelanggan. Jika memiliki branding yang kuat, maka toko akan lebih mudah diingat oleh para pelanggan.

5. Membuat Website Toko Online Berkualitas

Pembuatan website toko online bagi bisnis dropship dapat membantu tingkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand yang Anda jual.

Dalam website profesional perlu memiliki kemampuan web design atau budget untuk membayar jasa web designer. Solusinya bisa dengan website toko online yaitu layanan Dewastore yang dimulai dari harga Rp99 ribu.

6. Membangun Sistem Pembayaran yang Aman

Setiap toko online harus memiliki sistem pembayaran dan jaminan keamanan transaksi yang teruji aman dan terpercaya. Dapat menggunakan payment gateway pada toko online Anda.

Jika tak keberatan untuk membayar biaya admin pada setiap penjualan, dapat membuka toko online di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, dan sebagainya.

7. Memberikan Layanan Pelanggan Pasca Jual

Pada setiap pembelian Anda harus memiliki tanggung jawab penuh untuk melayani setiap keluhan pelanggan. Meskipun, kerusakan produk dan masalah pengiriman berada di luar kendali Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini