Ganjar Pranowo: Belilah Produk Dalam Negeri dengan TKDN Tinggi

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 320 2497456 ganjar-pranowo-belilah-produk-dalam-negeri-dengan-tkdn-tinggi-oJ6YquzeN1.jpg Gubernur Ganjar Pranowo (Foto: Okezone)

SEMARANG – Dalam acara Sosialisasi Program Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, turut hadir membuka acara tersebut.

Ganjar Pranowo mengapresiasi beberapa pelaku usaha yang berkomitmen untuk melakukan sertifikasi TKDN dan memproduksi produk dalam negeri yang memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi, beliau juga menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menaruh perhatian khusus dalam program dari Kementerian Perindustrian ini.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi perusahaan farmasi Nasional, Dexa Group, yang telah berinisiatif melakukan sertifikasi TKDN atas produk-produknya khususnya produk FitoFarmaka STIMUNO yang memiliki nilai TKDN kurang lebih 90% dan menjadi contoh nyata kesuksesan manfaat sertifikasi TKDN.

Dexa Group sebagai perusahaan farmasi Nasional yang berhasil mengembangkan FitoFarmaka Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) STIMUNO berbahan baku meniran yang berasal dari hasil budidaya para petani Indonesia, beberapa diantaranya berasal dari Petani asal Jawa Tengah. STIMUNO telah menjadi FitoFarmaka lebih dari 17 tahun di Indonesia, baru-baru ini berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi Primaniyarta 2021 dari pemerintah sebagai eksportir yang mampu menembus pasar baru mancanegara.

Baca Juga: Menko Luhut soal P3DN: Harus Kita Dukung, Bisa Hemat Devisa

FitoFarmaka Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) memang akhir-akhir ini mendapatkan sorotan, dukungan dan perhatian Pemerintah, baik Kementerian Kesehatan, Kementerian Perindustrian, BRIN, Badan POM serta Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, karena telah menjadi bagian roadmap Pemerintah untuk membangun kemandirian bahan baku dan obat di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Dody Widodo, sangat mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk dapat mendorong pelaku industri di daerahnya melakukan sertifikasi TKDN terhadap produk-produk yang dihasilkan.

Dexa Group sebagai perusahaan farmasi Nasional terkemuka di Indonesia, terus mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan daya saing produk dalam negeri melalui sertifikasi TKDN lebih dari 200 produk obat kimia dan lebih dari 30 produk herbal atau Obat Modern Asli Indonesia, yang telah dilakukan sejak bulan Agustus 2020.

Baca Juga: Gunakan Produk Dalam Negeri, Produsen Lokal Dapat Untung

Salah satu produk Dexa Group dengan TKDN tertinggi adalah FitoFarmaka Obat Modern Asli Indonesia STIMUNO. Produk imunomodulator yang bermanfaat untuk memperkuat dan memperbaiki sistem imun ditengah pandemi, memiliki persentase TKDN mencapai 90,97%.

Menurut Commercial Director PT Dexa Medica, V. Hery Sutanto, STIMUNO merupakan produk Dexa Group dengan TKDN tertinggi di antara produk berbahan baku kimiawi maupun herbal lainnya. STIMUNO saat ini tidak hanya menjadi top of mind produk imunomodulator di pasar domestik tetapi juga telah diekspor ke berbagai negara di ASEAN seperti Kamboja, Filipina, Myanmar, dan Nigeria.

“Produk STIMUNO sebagai produk ber-TKDN tinggi ini telah diekspor ke mancanegara dan baru-baru ini mendapatkan penghargaan Primaniyarta 2021 dari Kementerian Perdagangan RI untuk kategori Eksportir Pelopor Pasar Baru. Karenanya kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah yakni Kementerian Perindustrian, Kementerian Kesehatan, Badan POM, LKPP, dan juga kepada Gubernur Jawa Tengah, atas dukungan terhadap Obat Modern Asli Indonesia dari Dexa Group,” kata V. Hery

Lebih lanjut V. Hery menyampaikan beberapa produk yang telah tersertifikasi TKDN di antaranya Obat Generik Berlogo (OGB) Dexa yang merupakan obat-obatan berkualitas tinggi untuk melayani program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), produk suplemen, dan OMAI yang diriset oleh periset Indonesia, dibuat dari bahan alam asli Indonesia, dan diproduksi oleh pabrik di Indonesia.

Produk OMAI Dexa Group selain STIMUNO di antaranya Inlacin untuk diabetes, HerbaKof untuk batuk, Herba Asimor untuk pelancar dan peningkat kualitas asi (air susu ibu) yang dapat membantu meminimalisasi risiko stunting, dengan TKDN kurang lebih 80% dan Posafit untuk mempercepat penyembuhan luka pasca operasi dengan TKDN lebih dari 72%.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian RI Bapak Dody Widodo mengemukakan bahwa pelaksanaan program Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) ini sebagai wujud nyata untuk membangkitkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia dalam mencintai dan menggunakan produk dalam negeri.

“Melalui TKDN kami berharap industri dalam negeri lebih berdaya saing, struktur industri dalam negeri lebih kuat, serta produk dalam negeri dapat dioptimalkan melalui pengadaan barang/jasa pemerintah,” terang Dodi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini