MNC Tech Forum, Kominfo: Industri Harus Bisa Beradaptasi

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 19:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 622 2497435 mnc-tech-forum-kominfo-industri-harus-bisa-beradaptasi-REW8tHfIZf.jpeg MNC Tech Forum (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Transformasi pada era digital yang cukup cepat membuat para pelaku industri baik yang kecil ataupun yang bersar harus cepat beradaptasi.

Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong menyebut saat ini terjadi pergeseran dari mass communication menjadi mass self communication.

Menurut dia perubahan ini menjadi sebuah kesempatan bagus untuk para pelaku industri jika ikut bertransformasi, namun menjadi sebuah kekalahan jika tidak.

"Hal ini mengarah pada digitalisasi industri, mereka yang tidak memanfaatkannya terancam kalah dalam persaingan," ujarnya dalam MNC Tech Forum, Jumat (5/11/2021).

Baca Juga: MNC Tech Forum Tingkatkan Literasi Digital Masyarakat RI

Dia menjelaskan perubahan dari mass communication menjadi mass self communication disebabkan karena masuk dan masifnya para pengguna media sosial.

"Perusahaan industri di era 4.0 menjalankan bisnisnya dengan berbagai aplikasi atau perangkat smart industri using internet of things," sambungnya.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan lebih dari setengah populasi di Indonesia yang berusia diatas 5 tahun saat ini sudah pernah mengakses internet.

Baca Juga: Gratis! Cek 3 Tema Webinar MNC Tech Forum 3-5 November 2021, Daftar di Sini!

Dari jumlah pengguna internet tersebut, Usman menambahkan sebanyak 98% mengakses youtube, dan ada 87% masyarakat yang mengakses Whatsap, disusul pengguna instagram sebanyak 86%.

Menurut Usman hal ini merupakan sebuah gambaran bagaiman peluang pemasaran sebuah produk menjadi lebih luas dengan adanya digitalisasi.

Untuk itu menurutnya penting untuk menyusun sebuah konten jika ingin memasarkan sebuah produk harus mengikuti panduan seperti penggunaan keyword, supaya bisa lebih menyasar lebih luas pengguna media sosial di Indonesia.

"Jadi industri juga harus menyesuaikan dengan perubahan teknologi digital supaya tidak kalah dan menang dalam persaingan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini